pohon-pohon yang sudah berumur harus diperhatikan. Jangan sampai memakan korban
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan mendesak Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta rutin mengecek pohon usia tua yang rawan tumbang di seluruh wilayah Ibu Kota seiring sering munculnya angin kencang selama musim hujan.

“Di masa musim hujan ini, pohon-pohon yang sudah berumur harus diperhatikan. Jangan sampai memakan korban,” kata Judistira kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Judistira menyoroti pekan lalu terdapat tiga pohon tumbang yakni berada di Jalan Danau Toba Tanah Abang Jakarta Pusat, Jalan Pramuka Raya Senen Jakarta Pusat, dan di Kamal Kalideres Jakarta Barat.

Dia menilai pohon tumbang terjadi akibat hujan deras disertai angin kencang.

Maka dari itu, dia meminta Suku Dinas Perhutanan dan Taman Kota segera mendata sejumlah pohon di wilayahnya masing-masing untuk meminimalisasi potensi pohon tumbang.

Selain untuk menjaga keindahan atau estetika wilayah, pemangkasan pohon ditujukan agar ruang jalan menjadi lebih luas. Pemangkasan juga untuk mengantisipasi pohon tumbang akibat kelebihan beban.

“Bila ada yang terindikasi sudah lapuk dan berpotensi tumbang maka harus segera dipangkas atau pohon tua diganti baru,” jelasnya.

Selain itu, Judistira mengimbau warga yang menemukan pohon rentan di wilayahnya agar melapor ke aparat kelurahan agar segera ditindaklanjuti.

“Nanti lurah yang koordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Sudin yang menilai apakah pohon yang diajukan itu bisa ditebang atau hanya dirapikan saja,” tandasnya.

Sebelumnya, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Jakarta Selatan telah memangkas sebanyak 22.584 pohon pada 2023 demi keamanan dan keselamatan warga yang melintas atau beraktivitas di daerah tersebut.

“Selama periode Januari hingga Desember 2023 kami telah pangkas 22.584 pohon," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Sudin Tamhut) Jakarta Selatan Elly Sugestianingsih di Jakarta, Senin.

Tujuan dilakukan pemangkasan, kata dia, yaitu agar tidak membahayakan bagi lingkungan di sekitarnya, seperti dahan patah atau pohon tumbang.
Baca juga: Antisipasi tumbang, Jaksel pangkas 22.584 pohon demi keselamatan warga
Baca juga: Sekjen PDIP blusukan ke Rusun Tanah Tinggi Jakarta-tanam pohon
Baca juga: Pemasangan APK di pohon jadi pro-kontra di kalangan warga Jakut

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024