Batulicin, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan memasang alat pendeteksi banjir atau "early warning system" (EWS) pada tiga titik untuk mengetahui ancaman banjir sejak dini.

"Alat itu kami pasang di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kusan Desa Mangkalapi Kecamatan Teluk Kepayang satu titik, DAS Satui di Desa Jombang Kecamatan Satui dan DAS Desa Mentewe Kecamatan Mentewe," kata Sekretaris BPBD Tanah Bumbu Dwi Kesuma Putra di Batulicin Kamis.

Ia mengatakan daerah tersebut merupakan daerah rawan terhadap bencana banjir sehingga perlu pendeteksi khusus sebagai upaya preventif atau mengantisipasi musibah banjir di wilayah tersebut.

Di Tanah Bumbu terdapat 12 kecamatan yang rawan terhadap bencana banjir, yakni Kecamatan Sungai Loban, Kusan Hulu, Kusan Hilir, Mentewe, Satui, Batulicin, Angsana, Karang Bintang, Kuranji, Teluk Kepayang, Kusan Tengah dan Kecamatan Simpang Empat.

Dari 12 kecamatan tersebut baru terpasang tiga EWS, yakni Desa Jombang Kecamatan Satui, Desa Mangkal Api Kecamatan Kusan Hulu, dan Desa Mentewe, Kecamatan Mentewe karena wilayah tersebut sebagai tolok ukur bencana banjir di Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca juga: BPBD Tanah Bumbu minta warga Mentewe waspadai cuaca ekstrim

Baca juga: BPBD Banjarmasin siagakan bantuan untuk banjir di Satui Tanah Bumbu


Menurut Dwi, EWS yang dipasang sanga efektif sebagai pendeteksi banjir, karena alat tersebut akan memberitahukan akan timbul banjir.

Alat tersebut juga terpasang kamera (CCTV) yang dapat memonitor debit air di sungai secara "real time" dan dapat dipantau menggunakan monitor "LCD" yang sudah terkoneksi ke petugas BPBD Tanah Bumbu.

"Jadi petugas BPBD dapat memonitor setiap waktu tanpa harus ke lapangan," tutur Dwi.

Untuk mengantisipasi bencana banjir, BPBD Tanah Bumbu juga menyiagakan tim reaksi cepat sebanyak 12 orang yang tersebar di daerah rawan bencana banjir.

"Kami juga melibatkan 72 orang sebagai relawan dari perangkat desa dan kecamatan untuk menanggulangi bencana di wilayahnya," tutup Dwi.

Baca juga: Sungai Satui meluap, tiga desa di Tanah Bumbu-Kalsel dilanda banjir

Baca juga: BPBD Banjarmasin siagakan bantuan untuk banjir di Satui Tanah Bumbu


Pewarta: Taufik Ridwan/Sujud Maryono
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024