Saat penerima itu difoto, sudah ada mekanisme face recognition
Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah pihak dari Barisan Relawan Gigih Berani (Bala Gibran) Jabodetabek dan Bala Gibran Jakarta Utara menyelenggarakan distribusi bantuan pangan kepada masyarakat dengan cara menjual murah, Rabu (17/1).

Wakil Koordinator Bala Gibran Jabodetabek Bondan mengatakan bahwa setiap paket sembako yang berisi 3,5 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, dan 3 bungkus mi instan itu bisa dibeli warga di RT 05/RW 04 Tugu Selatan, Koja, cukup dengan membayar Rp50 ribu.

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Mas Gibran kepada masyarakat luas dan khususnya ibu-ibu rumah tangga dalam upaya mencukupi bahan pangan bagi keluarga," kata Bondan di Jakarta, Kamis.

Ketua Pengarah Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (TKN Prabowo-Gibran) Airlangga Hartarto memastikan program yang berasal dari individu itu tidak berkaitan dengan pemerintah.

"Bansos pemerintah enggak ada politik. Kalau bansos individu mungkin, bansos caleg," kata Airlangga saat dikonfirmasi wartawan, Kamis.

Airlangga mengatakan bahwa sasaran bantuan sosial dari pemerintah telah diprogram di dalam rapat kabinet agar tepat sasaran.

Penyaluran bantuan pangan beras di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis siang. Airlangga mengatakan bahwa penerima dipastikan valid dengan data lewat mekanisme pengecekan KTP, memindai kode QR, lalu datanya cocok, baru bisa dibagikan.

"Jadi, validasi data dilakukan secara elektronik. Saat penerima itu difoto, sudah ada mekanisme face recognition," kata Airlangga.

Airlangga menegaskan bahwa tujuan bansos pemerintah pada program seperti itu agar tercapai tujuannya, yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat, menekan inflasi, dan mendorong daya beli masyarakat.

Sukarelawan mengadakan tebus pangan murah untuk mengingatkan masyarakat tentang kepedulian tokoh politik kepada masyarakat luas, terutama yang berpenghasilan rendah.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024