Makassar (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh menyatakan saat ini Indonesia kekurangan  tokoh politik yang berkarakter negarawan.

"Negara ini mengharapkan politisi yang negarawan, karena Indonesia defisit negarawan dan inflasi politisi," kata Surya Paloh saat pembekalan orientasi Calon Legislator DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan di Makassar, Minggu.

Surya Paloh mengungkapkan kondisi Indonesia belum sepenuhnya menjadi "Indonesia Raya" karena Indonesia belum memiliki kedaulatan politik, kemandirian ekonomi dan menjunjung pluralisme atau kemajemukan.

Dengan kondisi tersebut, ia menjanjikan Partai Nasdem berupaya mengisi ruang kosong pada bidang politik dengan mengedepankan hak dan kewajiban, guna menghilangkan penafsiran buruk terhadap politisi.

Menurut dia, partai politik dan politisi sangat penting bagi kelangsungan sistem demokrasi atau ketatanegaraan, untuk memberikan hak mengatur lalulintas perjalanan kebangsaan.

"Untuk itu, konstitusi memberikan kewenangan, seperti memilih presiden dan wakil melalui partai politik, termasuk pemilihan kepala daerah ditambah perwakilan khusus adanya calon independen," demikian Surya.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013