Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar Jakarta yang terjadi pada Kamis (18/1), mulai dari aksi merapikan alat peraga kampanye (APK)  yang semrawut dan membahayakan pengguna jalan hingga keberadaan stasiun pemantauan kualitas udara (SPKU) yang terus diperkuat untuk mengatasi polusi udara.

Berikut berita seputar DKI Jakarta yang masih menarik untuk dibaca kembali:

1. Pemprov DKI beri waktu satu minggu peserta pemilu rapikan alat peraga

Pemerintah Provinsi DKI memberikan waktu satu minggu bagi peserta pemilu merapikan alat peraga kampanye (APK) demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

"Posko pemilu yang dalamnya ada unsur politik, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) nanti bersama-sama diberikan waktu satu minggu ke depan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI Jakarta Arifin usai rapat koordinasi perapian APK di Balai Kota Blok G DKI Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

2. DKI tambah sembilan stasiun pemantau guna percepat penanganan polusi udara

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menambah sembilan stasiun pemantauan kualitas udara (SPKU) di wilayahnya sebagai upaya mempercepat penanganan polusi udara pada 2024.

"Hingga saat ini, Jakarta sudah memiliki 12 SPKU bertaraf reference-grade (kelas referensi) yang sudah berjalan, dan ditambahkan lagi sembilan SPKU di tahun ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Asep Kuswanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

3. Bawaslu dan Pemda dinilai harus berani tertibkan APK

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Yoga menilai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Pemda DKI Jakarta harus berani menertibkan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024 yang membahayakan keselamatan masyarakat.

"Pemda, kemudian didukung Satpol PP dan Bawaslu, serta didampingi pihak berwajib dan perwakilan dari parpol, harus berani melakukan penertiban. Terutama, bagi APK yang dianggap membahayakan," Nirwono ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

4. Pemkot Jakbar sediakan lokasi untuk penuhi kebutuhan TPS KPU setempat

Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menyediakan sejumlah lokasi untuk memenuhi kebutuhan tempat pemungutan suara (TPS) bagi KPU setempat.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan KPU, terkait penyediaan semua kebutuhan pemilu termasuk, lokasi-lokasi TPS," kata Wali Kota Jakbar, Uus Kuswanto di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

5. Forkopimko Jaktim tinjau gudang logistik surat suara

Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Timur meninjau gudang logistik KPU Jaktim yang tengah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Cakung, Jakarta Timur, Kamis.

Kegiatan itu dalam rangka memastikan proses pelipatan surat suara dilakukan dengan baik dan selesai tepat waktu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024