Guizhou (ANTARA) - Sejumlah besar artefak yang terbuat dari batu, tulang, dan tanduk telah digali di Situs Chuandong di wilayah Puding, Provinsi Guizhou, China barat daya, yang menunjukkan adanya aktivitas manusia prasejarah sejak lebih dari 55.000 tahun yang lalu.

Situs Chuandong, yang pertama kali ditemukan pada 1978, diyakini telah ada sekitar akhir Periode Paleolitikum tengah, Periode Paleolitikum akhir, dan Zaman Neolitikum.

Selama dua tahun upaya penggalian, yang ketiga sejak 1978, para peneliti menemukan sebuah lapisan tanah baru di situs tersebut, di mana mereka menemukan lebih dari 100.000 tulang hewan, lebih dari 10.000 buah perkakas batu, dan lebih dari 2.500 benda yang terbuat dari tulang atau tanduk.

Sebuah fosil gigi geraham Neoanthropus Homo sapiens yang berusia sekitar 50.000 hingga 60.000 tahun berhasil ditemukan, menurut para pakar dari institut peninggalan budaya dan arkeologi Provinsi Guizhou, dan Institut Paleontologi Vertebrata dan Paleoantropologi di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China.

Mereka juga menggali tiga makam yang berusia sekitar 10.000 tahun, menemukan tulang manusia dan artefak tulang termasuk mata kail dari tulang.

Dalam dua penggalian sebelumnya, ditemukan lebih dari 10.000 buah perkakas batu, artefak tulang, fosil hewan dan manusia, serta dua tengkorak manusia yang hampir lengkap.

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024