Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten sangat penting dalam mendukung pembangunan dan pengembangan Kota Nusantara.
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menjalin kerja sama dengan BLUD UPTD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark untuk menyiapkan tenaga kerja kompeten guna mendukung pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Nusantara.
 
"Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten sangat penting dalam mendukung pembangunan dan pengembangan Kota Nusantara," jelas Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun di Penajam, Jumat.
 
Kerja sama dalam upaya meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja itu, lanjut dia, bermuara pada pengurangan angka pengangguran di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca juga: Pemkab Aceh Selatan prioritaskan peningkatan kapasitas SDM pariwisata
 
Kerja sama dengan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark di Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, meliputi enam pelatihan prioritas, antara lain bidang pengelasan, perpipaan, dan kelistrikan (electrical).
 
Kemudian bidang mekanik (mechanical), teknik pemindahan barang dalam industri (rigging), serta teknik penyangga membantu pengerjaan konstruksi (scaffolding).
 
Kabupaten Penajam berbenah diri dalam peningkatan kompetensi SDM siap pakai, kata dia, karena pembangunan dan pengembangan Kota Nusantara banyak membutuhkan tenaga kerja.
 
Jumlah penduduk daerah berjuluk Benuo Taka itu sebanyak 193.554 jiwa tersebar di empat kecamatan, dan dipetakan posisi tenaga kerja produktif yang belum mendapatkan pekerjaan.
 
Lulusan SMA dan SMK sederajat terdata yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sekitar 70 persen, menurut dia, dan kisaran 30 persen tidak melanjutkan pendidikan.
 
"Lulusan yang tidak melanjutkan itu mencari pekerjaan, membutuhkan spesifikasi pendidikan dan kompetensi agar dapat masuk di dunia industri," tambahnya.

Baca juga: OIKN: Kualitas SDM baik di IKN dimulai dari pangan bergizi dan sehat
 
Kerja sama dengan BLUD UPTD Kawasan Sains dan Teknologi Sains Solo itu sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi.
 
Pemerintah kabupaten tidak hanya melalui Balai Latihan Kerja (BLK) dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja, tetapi juga tersertifikasi melalui BLUD UPTD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark, demikian Makmur Marbun.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024