Jakarta (ANTARA) - Relawan Pandawa Lima terus melakukan sosialisasi program asta cita, dari pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran.

"Mengajak masyarakat untuk memahami betul visi-misi dan program kerja, dari pasangan calon yang berkompetisi pada pemilihan presiden 2024," kata Ketua Umum Pandawa Lima, Eko Wiratmoko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dalam rangka menciptakan suasana politik yang sehat, Eko  mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses politik.

Dia juga menekankan pentingnya peran masyarakat dan ulama, sebagai garda terdepan dalam menyaring informasi dan mengedukasi masyarakat mengenai isu-isu politik yang berkembang. Sehingga, diharapkan masyarakat dapat membuat keputusan politik yang cerdas dan berbasis informasi yang akurat.

"Pentingnya menjaga etika politik, khususnya dalam menyampaikan pesan dan pandangan politik," kata Eko Wiratmoko,

Lanjut dia, perlunya menghindari penyebaran fitnah dan fokus pada substansi program, untuk menciptakan pemahaman yang baik di kalangan masyarakat. Hal itu juga disampaikan Eko, pada kegiatan sosialisasi Prabowo-Gibran di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Delapan program kerja Asta Cita yang diusung Prabowo-Gibran yakni memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM). Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.

Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.
Baca juga: Ryano: Prabowo-Gibran bukan sekedar pelanjut pembangunan Jokowi
Baca juga: Prabowo: Joget tanda gembira dalam membela rakyat
Baca juga: Prabowo hadiri deklarasi relawan Pandawa Lima di Djakarta Theater
Baca juga: Prabowo-Gibran fokus meningkatkan inovasi dukung transisi energi

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024