Jumlah kunjungan wisatawan pada 2022 diperkirakan mencapai 6,6 juta turis dan di 2023 itu mengalami kenaikan sekitar 17 persen.
Kota Bandung (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Jawa Barat mencatat angka kunjungan wisatawan ke Kota Kembang selama tahun 2023 mencapai 7,7 juta turis.

“Perhitungan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bandung selama tahun 2023 menembus di angka 7,7 juta turis, dengan proporsi 95 persen wisatawan nusantara dan 5 persen wisatawan mancanegara,” kata Kepala Disbudpar Kota Bandung Arief Syaifudin, di Bandung, Jumat.

Arief mengatakan untuk jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2023 itu meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, seiring dengan berbagai program kegiatan pariwisata yang dihadirkan oleh Pemkot Bandung.

“Jumlah kunjungan wisatawan pada 2022 diperkirakan mencapai 6,6 juta turis dan di 2023 itu mengalami kenaikan sekitar 17 persen,” kata dia lagi.

Ia menjelaskan untuk data kunjungan wisatawan tersebut tercatat berdasarkan jumlah hunian hotel di Kota Bandung selama periode tahun 2023.

“Jadi angka ini adalah hasil kajiannya, persentase wisatawan yang menginap di Kota Bandung selama 2023,” katanya pula.

Dia menambahkan peningkatan kunjungan wisatawan di Kota Bandung tersebut didukung dengan berbagai program kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkot Bandung melalui “Calendar of Event (CoE) 2023”.

“Tahun lalu kami membuat ‘Calendar of Event (CoE) 2023’ dengan berbagai kegiatan berhasil menjadi penguat pasar seperti Asia Afrika Festival dan lain sebagainya, cukup berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Arief.

Di samping itu, kata dia lagi, kehadiran Kereta Cepat Whoosh yang sejak dioperasikan pada 17 Oktober 2023 lalu juga memberi dampak yang cukup besar terhadap peningkatan kunjungan wisatawan.

“Kalau sekarang memang Kereta Cepat Whoosh memberikan dampak banyak dari jumlah wisatawan khususnya dari area Jabodetabek ingin mencoba Whoosh ke Bandung hanya berkuliner saja,” katanya lagi.
Baca juga: Bandung berusaha gaet lebih banyak turis Tiongkok
Baca juga: Bandung diserbu turis, hotel-hotel "fully-booked"


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024