Jangan lupakan sejarah agar tidak seperti kacang lupa kulitnya.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan kembali tiga ajaran presiden pertama RI Soekarno (Bung Karno) kepada generasi muda di Indonesia.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, Puan mengatakan bahwa ajaran pertama adalah Pancasila. Bung Karno gali dari bumi nusantara dengan intisarinya adalah gotong royong.

"Generasi muda harus terus kita ingatkan untuk bergotong royong, membangun bangsa dan negara karena generasi muda adalah masa depan Indonesia," katanya menegaskan.

Ajaran berikutnya adalah Trisakti, yaitu berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Menurut Puan, generasi muda Indonesia perlu tahu dan memahami ajaran Trisakti Bung Karno agar turut mendasari gerak-gerik pembangunan bangsa dan negara.

Terakhir adalah ajaran agar selalu berpihak kepada wong cilik. Bung Karno sejak muda sudah selalu membela kepentingan dan kesejahteraan wong cilik (rakyat kecil).

"Ini yang kami harapkan generasi muda Indonesia juga mewarisi semangat Bung Karno," ujarnya.

Puan juga menyampaikan hal itu saat meresmikan Taman Pemuda Soekarno di Ngawi, Jawa Timur.

Puan menegaskan bahwa generasi muda jangan sekali-kali meninggalkan sejarah seperti kata Bung Karno.

"Jangan lupakan sejarah agar tidak seperti kacang lupa kulitnya," kata Puan menegaskan.

Taman Pemuda Soekarno dibangun Pemerintah Kabupaten Ngawi sebagai wadah bagi masyarakat, khususnya para pemuda untuk berinteraksi dan bersosialisasi secara positif.

Terdapat monumen Bung Karno berupa patung setinggi 6 meter di taman seluas 8.075 meter persegi tersebut.

Adapun Taman Pemuda Soekarno akan terintegrasi dengan beberapa kawasan, yakni zona taman kota, zona pendopo, zona perkantoran, dan zona hutan kota. Saat ini zona-zona lainnya itu sedang dalam tahap pembangunan. Peresmian itu dihadiri sekitar 1.000 orang yang berasal dari organisasi kepemudaan.

Baca juga: Megawati resmikan patung Bung Karno berukuran raksasa di Sleman
Baca juga: Bupati Tabanan saksikan pemasangan Patung Bung Karno

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024