Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan mengguyur mayoritas kota besar di Indonesia pada Sabtu.

Berdasarkan informasi BMKG diikuti di Jakarta, pada Kota Banda Aceh dan Padang umumnya diprediksi akan berawan, dan potensi hujan dengan intensitas ringan di kota Medan dan Pekanbaru.

Waspadai hujan sedang di Kota Tanjungpinang. Untuk kota Bengkulu Palembang dan Bandar Lampung terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. Di Kota Jambi dan Pangkalpinang, waspadai potensi hujan dapat disertai kilat dan petir.

Beralih ke pulau jawa, Kota Jakarta cuaca umumnya akan berawan, sementara untuk Kota Serang, Semarang, dan Surabaya diprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan.

Selain itu Bandung diprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang, dan perlu diwaspadai di Kota Yogyakarta terdapat potensi hujan dapat disertai kilat dan petir.

Kota Denpasar, Mataram, dan Kupang secara umum terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan.

Kota besar di Pulau Kalimantan diprediksi secara umum terjadi hujan dengan intensitas ringan, kecuali di Kota Tanjung Selor, karena perlu diwaspadai terjadi hujan dengan intensitas lebat.

Pulau Sulawesi, Kota Manado dan Palu terdapat potensi hujan ringan. Sementara kota Makassar dan Kendari berpotensi terjadi hujan sedang.

Perlu diwaspadai bagi di kota Mamuju terdapat potensi hujan lebat, dan juga di Gorontalo berpotensi terjadi hujan disertai kilat dan petir.

Terakhir dari timur Indonesia, Kota Ambon, Manokwari, dan Jayapura berpotensi terjadi hujan ringan. Perlu diwaspadai Kota Ternate terdapat hujan disertai kilat atau petir.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat waspadai potensi cuaca ekstrem di wilayah Jawa

Baca juga: BMKG: Hujan lebat berpotensi melanda sebagian kota besar Indonesia

Baca juga: DKP Kulon Progo imbau nelayan patuhi peringatan dini BMKG

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024