Jakarta (ANTARA) - Maskapai penerbangan asal Uni Emirat Arab, Emirates, memperkenalkan lebih 300 menu vegan untuk konsumen mereka sejak permintaan makanan berbasis nabati naik.

Dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu, Emirates menyajikan lebih dari 300 menu vegan pada 2023 secara bergantian di 140 destinasi penerbangan. Jumlah tersebut meningkat dari sebelumnya 180 menu pada 2022.

Menurut catatan Emirates, peningkatan konsumsi makanan vegan sebesar 40 persen dari tahun ke tahun karena volume penumpang juga meningkat Permintaan makanan vegan di penerbangan wilayah Asia Tenggara bertambah 5 persen, sementara Timur Tengah melonjak hingga 34 persen.

Baca juga: Anggun terpukau pada kemeriahan Expo 2020 Dubai
 
Menu vegan kue polenta untuk penumpang kelas utama maskapai Emirates. (ANTARA/HO-Emirates)


Emirates juga mencatat kenaikan makanan vegan untuk penerbangan di wilayah Afrika, yaitu 5 persen. Sementara itu, peningkatan yang signifikan terjadi pada rute ke China, Jepang dan Filipina.

Dari berbagai kelas penerbangan yang ditawarkan Emirates, peningkatan konsumsi makanan vegetarian paling besar berasal dari kelas ekonomi.

Akhir tahun ini mereka berencana menambah hidangan utama vegan, hidangan ringan seperti pizza vegan dan hidangan penutup antara lain kue tonka raspberry.

Di kelas ekonomi, maskapai itu menawarkan antara lain crepe chickpea, frittata labu, tahu tikka masala dan rebusan kale chickpea. Menu vegan juga mencakup hidangan penutup, seperti mousse kelapa dengan saus mangga, kue pisang dengan remah cokelat dan puding cokelat.
 
Menu beetroot tartare vegan dari maskapai Emirates. (ANTARA/HO-Emirates)


Untuk kelas ekonomi premium, makanan berbasis nabati yang ditawarkan seperti nasi basmati dengan kari nangka, semur labu kastanye, cheesecake tahu dan parfait raspberry dengan saus jeruk.

Emirates mengkurasi makanan vegan untuk kelas bisnis, seperti kembang kol panggang dengan biji-bijian kuno, pir karamel, lovage pesto dan ragut tahu dan jamur shitake. Setelah makan berat, konsumen akan disuguhi kue nanas kelapa tropis.

Konsumen yang duduk di first class atau kelas utama bisa mendapatkan kue polenta dengan ragut jamur, tumis bayam; nasi bakar dengan kari terong dan kentang kunyit serta sedikit kelapa dan sambal mint.

Hidangan penutup nan mewah juga ditawarkan untuk penumpang kelas utama, seperti rhubarb dengan strawberry charlotte, krim Chantilly, raspberry tuille dan fondant cokelat yang disiram saus karamel asin dan krim mete kocok.

Baca juga: Semua awak kabin pakai iPhone & iPad, Emirates habiskan Rp138 miliar

Baca juga: Emirates hadirkan kembali penerbangan harian ke Bali

Baca juga: Maskapai ini tawarkan masuk Burj Khalifa gratis

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024