Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Arif Fakhrudin menyebut produsen Le Minerale turut mengirim ribuan karton dan galon berisi air minum sebagai bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza, Palestina.

Produsen air minum dalam kemasan itu menyuplai 1.254 galon dan 1.700 kardus air minum yang diberangkatkan dengan Kapal Rumah Sakit KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 dari Jakarta menuju Mesir, Kamis (18/1).

"Menjadi suatu kebanggaan bagi produk nasional kita, Le Minerale, memiliki komitmen yang kuat tidak hanya sebatas pada pernyataan sikap dan bentuk empati tapi mendukung secara nyata sejalan dengan kebijakan luar negeri kita," kata Sekjen MUI dalam keterangan yang diterima di Jakarta Utara, Sabtu.

Arif menilai aksi Le Minerale mengirim bantuan itu sudah sejalan dan satu frekuensi dengan imbauan MUI, amanat konstitusi dan kebijakan negara Republik Indonesia.

Melalui siaran persnya, diketahui bahwa KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 akan menempuh rute pelayaran Jakarta – Belawan – Al Arish (Mesir) – Jeddah (Arab Saudi) – Batam dan kembali ke Jakarta.

Total waktu mulai berlayar hingga kembali lagi ke tanah air ditargetkan rampung dalam 52 hari perjalanan.

Setelah sampai di Pelabuhan Al Arish, penyaluran bantuan kepada korban konflik Gaza diserahkan kepada otoritas yang berwenang seperti Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir).

Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan kondisi masyarakat di Gaza yang telah lama mengalami krisis air bersih, terutama untuk konsumsi sehari-hari.

Baca juga: Indonesia desak bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza segera dikirimkan

Baca juga: Baznas kirim bantuan kemanusiaan 12 kontainer untuk Palestina

Baca juga: Enam truk isi bantuan Indonesia untuk Palestina berangkat ke Gaza

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024