Ingin bermain tenis lagi dan itu adalah keinginan yang tidak bisa ditawar lagi
New York, AS (ANTARA News) - Alisa Kleybanova, petenis yang baru sembuh dari penyakit kanker meminta para pendukungnya tidak mengasihani dirinya.

Petenis berusia 24 tahun asal Rusia itu, kembali bertanding di pentas Grand Slam AS Terbuka dengan meraih kemenangan atas Monica Puig asal Puerto Riko 6-4, 3-6, 7-5 pada babak pertama, Selasa WIB.

Kleybanova sebelumnya didiagnosa mengidap gejala kanker Hodgkins, yaitu kanker yang berasal dari darah putih pada 2011, sehingga ia harus istirahat sampai Mei 2013 lalu.

Akibat lama absen, petenis yang pernah menduduki peringkat 20 dunia itu, sekarang melorot ke urutan 363 dunia.

"Saya gembira karena semua sudah berakhir sekarang. Saya bisa melewatinya. Saya muncul sebagai pemenang dalam pertandingan," katanya seperti dikutip AFP.

"Saya sering mendengar orang berkata bahwa saya menjadi inspirasi bagi mereka. Sekarang banyak yang memperhatikan saya. Menurut saya itu menyenangkan, tapi saya tidak ingin menjadi contoh bagi mereka," katanya usai pertandingan.

"Saya tidak berusaha untuk memperlihatkan sesuatu. Saya lakukan untuk diri saya sendiri. Saya ingin bermain tenis dan saya tidak berusaha untuk berpura-pura.

"Tapi jika apa yang saya alami menginspirasi orang lain dan membuat mereka menjadi percaya diri dan membuat mereka menjadi lebih kuat, hal itu tentu sangat menyenangkan," katanya.

Kleybanova istirahat dari dunia tenis pada pertengahan 2011 dan hanya mengikuti satu turmanen di Miami pada 2012 sebelum kembali aktif di lapangan sejak Mei 2013 lalu.

Ia mengawali "comeback" dengan mengikuti turnamen kecil sebelum mengikuti turnamen yang lebih besar di Toronto, ketika ia langsung tumbang pada babak pertama.

Pada pertandingan berikutnya di Cincinnati, ia berhasil meraih satu kemenangan sebelum berlaga di turnamen grand slam AS Terbuka di New York.

Kembali bertanding sudah lama diidam-idamkan, yaitu sejak pertama kali didiagnosa mengidap penyakit tersebut.

"Saya hanya ingin kembali ke lapangan. Ingin bermain tenis lagi dan itu adalah keinginan yang tidak bisa ditawar lagi," kata Kleybanova yang selanjutnya akan menantang petenis Serbia unggulan sembilan Jelena Jankovic.

Penerjemah: Atman Ahdiat 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013