Jakarta (ANTARA) - Kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Jumat, 19 Januari 2024, memasuki hari ke-53. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye selama 75 hari, hingga 10 Februari 2024. Tiga pasangan calon presiden terus memanfaatkan waktu kampanye semaksimal mungkin, untuk mendapatkan simpati masyarakat Indonesia.

Pasangan Anies-Muhaimin

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan melaksanakan kampanye di Kota Batam, Kepulauan Riau. Anies lalu meninjau Pasar Induk Tos 3.000 dan menemui ratusan simpatisan dalam kampanye terbatas.

Di Batam, Anies menanggapi persoalan terkait Laut Natuna Utara yang masih banyak ditemui kapal nelayan asing di wilayah tersebut. Selain itu, Anies menyinggung persoalan air bersih yang masih terjadi di Batam. Kata dia, hal serupa juga pernah terjadi di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yang sulit mendapatkan air bersih yang merupakan kebutuhan masyarakat.

"Disana ketika saya mulai bertugas (Gubernur DKI Jakarta), air bersihnya bermasalah, sulit dapat air bersih di Kepulauan Seribu. Sekarang Alhamdulillah, kita bangunkan tempat penyulingan air, sehingga disana bukan hanya dapat air bersih, mereka dapat air minum untuk warga-warganya," ungkap Anies.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar tidak melaksanakan kampanye di hari ke-53.

Pasangan Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyambangi Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) di Salemba, Jakarta Pusat dan menghadiri deklarasi dukungan dari Komunitas Ojek Online Penggemar Erick Thohir (OjolET) di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Di Garha Oikoumene PGI, Prabowo didampingi mantan politikus PDI Perjuangan (PIDP) Maruarar Sirait dan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie.

Sementara saat bertemu OjolET, Prabowo didampingi Erick Thohir, Muhammad Luthfi, Tsamara Amany, dan petinggi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran antara lain Ketua TKN Rosan Roeslani dan Budisatrio Djiwandono.

“Saya berjanji, saya bersumpah kepada kalian. Saya akan bekerja sekuat tenaga saya,” kata Prabowo.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tidak melaksanakan kampanye di hari ke-53.

Pasangan Ganjar-Mahfud

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo melaksanakan kampanye di Magetan dan Ponorogo, Jawa Timur. Dia memulai dengan sarapan pagi bersama masyarakat di Pasar Magetan dan berkunjung ke peternakan ayam di Dusun Bendo.

Selanjutnya di Ponorogo, Ganjar berziarah ke makam Bathoro Katong di Plampitan, makan siang bersama partai koalisi serta relawan Ponorogo, ngobrol santai bareng milenial, Gen Z dan Influencer di Sekayu River, serta meninjau proyek museum kesenian khas Ponorogo yakni Museum Reog di Sampung Lor.

Ganjar Pranowo menyarankan para ibu hamil mengonsumsi telur dan ikan untuk mencegah stunting mengingat dua makanan tersebut mengandung banyak protein.

“Sebenarnya banyak protein bisa kita dapatkan, salah satunya telur, itu paling gampang, paling murah. Tapi yang lain sebenarnya ikan, kita kan negara laut, ikannya itu cukup banyak, dan itu bisa dikonsumsi juga dengan gampang,” katanya pasca bertemu peternak ayam di Magetan.

Sementara calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md tidak melaksanakan kampanye di hari ke-53.

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024