Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menerima penghargaan The Most Supportive Leadership in Indonesia's Maritime Growth dari PT Pertamina International Shipping pada kegiatan malam apresiasi bertajuk The Voyage Glory di Jakarta, Jumat (19/1).

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh yang dianggap berkontribusi dalam peningkatan sektor maritim nasional.

Dalam kesempatan itu, Menhub menyampaikan apresiasi dan terus mendorong perusahaan pelayaran untuk saling bersinergi dalam rangka meningkatkan daya saing industri perkapalan nasional.

"Saya juga mendorong perusahaan shipping di Indonesia untuk bekerja sama dengan pemain dunia agar lebih diperhitungkan," ucap Menhub melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan untuk meningkatkan daya saing industri pelayaran nasional, pemerintah telah memberlakukan asas cabotage yang memberikan hak eksklusif kepada kapal berbendera Indonesia dengan awak kapal berkewarganegaraan Indonesia.

"Ke depan, kami akan terus mempertahankan asas cabotage. Namun di sisi lain, kita juga harus meningkatkan daya saing dan mampu berkompetisi dengan perusahaan pelayaran global," tuturnya.

Untuk menghadapi persaingan global, Menhub juga mendorong perusahaan pelayaran menyiapkan talenta muda yang tangguh dan mampu bersaing secara global.

"Kita punya masa depan yang namanya Indonesia emas dan bonus demografi. Tugas kita memberikan pelajaran bagi generasi muda untuk turut membangun industri pelayaran nasional," kata Menhub.

Pada kegiatan itu, sejumlah perusahaan yang turut mendapatkan apresiasi di antaranya PT Sillo Maritime Perdana, PT Humpuss Maritim Internasional, Vito Asia, dan Petronas Trading Labuan Company.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Budi Sulistyo, Direktur Utama Pertamina International Shipping Yoki Firnandi, dan Komisaris Utama Pertamina International Shipping Mochtar Husein.

Baca juga: Menhub paparkan kontribusi Indonesia bagi sektor maritim global
Baca juga: Menhub: Pulau-pulau yang dimiliki jadi modal menuju Indonesia Emas
Baca juga: Menhub: Kapal RS Malahayati simbol hadirnya negara di wilayah maritim

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024