Visi Ibu Kota Nusantara merupakan visi yang ambisius dan optimis untuk Indonesia emas 2045. Apa yang kita ciptakan ini merupakan sebuah warisan
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengajak University of Maryland Amerika Serikat (AS) untuk melakukan riset kebijakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

“Visi Ibu Kota Nusantara merupakan visi yang ambisius dan optimis untuk Indonesia emas 2045. Apa yang kita ciptakan ini merupakan sebuah warisan," ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Prof. Mohammed Ali Berawi di Jakarta, Sabtu.

Ali mengundang partisipasi University of Maryland dalam pelaksanaan riset di lingkungan Ibu Kota Nusantara. Adapun, dimensi riset yang ditawarkan meliputi riset dalam klaster energi, pangan, dan transportasi; sosial-humaniora; konservasi lingkungan; serta teknologi dan informatika.

OIKN menerima kunjungan dari University of Maryland School of Public Policy di Kantor Otorita IKN, Jakarta. Ini menunjukkan IKN sebagai salah satu keterbukaan untuk kerja sama di bidang riset akademik, sekaligus menegaskan IKN sebagai living lab.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi University of Maryland dalam mempelajari pembangunan smart forest city, di Ibu Kota Nusantara, khususnya pada sektor kebijakan publik, prinsip dan capaian Nusantara pada ESG (Environmental, Social, and Governance), meliputi RLDC (Regionally and Locally Determined Contribution) serta upaya Nusantara dalam menjaga keragaman hayati.

Adapun, delegasi dari University of Maryland diwakili oleh Prof. Thomas Hilde (Research Professor and Head of Environment/Climate/Energy/Sustainability Focus), Grace Pettey dan Matthew Regan (Asisten Riset), serta 20 mahasiswa pascasarjana magister dan doktoral dari berbagai latar belakang studi.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Prof. Mohammed Ali Berawi memaparkan rencana dan perkembangan pembangunan IKN terutama pada kota cerdas, juga penerbitan Buku Pedoman Bangunan Gedung Cerdas dan Kota Cerdas yang pertama di dunia.

Sementara itu, Professor Thomas Hilde menyambut baik inisiasi ini. University of Maryland terbuka untuk segala potensi kerja sama.

“Kami (University of Maryland School of Public Policy) sangat tertarik dengan ide ini. Tidak banyak rasanya percontohan konsep kota hutan yang cerdas, khususnya dalam pembangunan ibu kota yang terjadi di belahan dunia selama ini. University of Maryland terbuka untuk segala potensi kerjasama dan peran yang dapat kami isi dalam membangun Ibu Kota Nusantara," kata Thomas Hilde.

Kunjungan University of Maryland School of Public Policy ke kantor Otorita Ibu Kota Nusantara menjadi salah satu dari beragam inisiasi kerjasama antara Otorita Ibu Kota Nusantara dengan perguruan tinggi lainnya di nasional dan internasional.

Sebagai urban living lab, Ibu Kota Nusantara mengundang partisipasi universitas dan komunitas riset dalam berpartisipasi dalam mewujudkan visi Nusantara, kota paling berkelanjutan di dunia.

Baca juga: Presiden lakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Otorita IKN
Baca juga: OIKN: Pembangunan IKN langkah untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045
Baca juga: OIKN: Sejumlah bangunan di IKN ditargetkan terbangun pada Juni 2024

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024