Jakarta (ANTARA) - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) memberikan edukasi gizi pada masyarakat untuk mencegah malnutrisi pada anak di Tanah Air.
 
"Kami berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan mampu bermanfaat dalam mencegah dan mengintervensi agar Indonesia mampu mencapai target percepatan penurunan stunting pada tahun 2024 hingga 14 persen," ujar Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo, di Jakarta, Sabtu.
 
Sebelumnya dilakukan edukasi gizi pada masyarakat di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Edukasi tersebut diberikan pada kader Posyandu dan juga para ibu terkait gizi seimbang dan protein hewani untuk mencegah stunting.
 
Giwo berharap melalui kegiatan tersebut, para ibu semakin tercerahkan bagaimana mengolah makanan yang bergizi seimbang.
 
Salah satu materi penyuluhan tersebut, tentang bagaimana mengolah telur yang dengan protein untuk olahan keluarga.
 
Kegiatan edukasi tersebut merupakan kolaborasi Kowani dengan International Council of Women (ICW), Pita Putih Indonesia, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, Asosiasi Dokter Hewan Perunggasan, Ikatan Ahli Boga Indonesia, dan Japfa.
 
"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat berkontribusi dalam tumbuh kembang yang baik bagi generasi penerus bangsa. Kowani juga berharap semoga program ini dapat berjalan dengan baik dan mampu bermanfaat dalam mencegah dan mengintervensi agar Indonesia mampu mencapai target percepatan penurunan stunting pada tahun 2024 hingga 14 persen," kata dia.
 
Sekjen Pita Putih Indonesia, Ir Wincky Lestari, mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu kontribusi pihaknya dalam percepatan penurunan Angka Kematian Ibu dan Keselamatan Ibu Hamil, melahirkan, bayi baru lahir dan anak.
 
Wincky menjelaskan kader Posyandu memiliki tanggung jawab dan peran besar dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.  

Baca juga: Wapres: Kerja sama organisasi perempuan diperkuat pastikan kesetaraan

Baca juga: Kowani dan GPW bangun perdamaian mulai dari pencegahan kekerasan

Baca juga: Kowani tuan rumah ACWO Expo 2023 kontribusi pemberdayaan perempuan
 
 
 

Pewarta: Indriani
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024