Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menjelaskan strategi pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md terkait pembangunan ekonomi hijau di Indonesia.

"Kami akan menggalakkan upaya penerapan ekonomi hijau. Penerapan ekonomi hijau ini juga menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia dalam jangka panjang yang bersifat inklusif," kata anggota Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud, Agus Hermanto, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan Ganjar-Mahfud memprioritaskan pendekatan ekonomi biru dan ekonomi hijau demi memastikan gerak maju pembangunan tidak merusak lingkungan.

"Pembangunan yang berkelanjutan dan berkontribusi terhadap penanggulangan perubahan iklim," ujarnya.

Baca juga: Slank dukung Ganjar-Mahfud perjuangkan demokrasi dan supremasi hukum

Salah satu misi Ganjar-Mahfud adalah mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru. Ekonomi hijau bakal dibidik lewat sejumlah program, yakni transisi energi, pembangunan desa mandiri energi, mengolah limbah jadi berkah, dan penerapan ekonomi sirkuler. Sedangkan ekonomi biru bakal direalisasikan lewat delapan program unggulan.

Pertama, mengakselerasi 11 potensi maritim. Misalnya, mendorong potensi perikanan tangkap, mendongkrak produksi perikanan budidaya, dan membangun industri pengolahan hasil perikanan.

Kedua, penangkapan ikan terukur berbasis kuota dan zonasi. Ketiga, tata kelola laut yang inklusif dan berkelanjutan. Keempat, program maritim unggul yang utamanya mendorong peningkatan konektivitas maritim. Kelima, membangun industri galangan kapal. Keenam, mendorong industri perikanan dan hasil laut. Ketujuh, mengatasi pencemaran laut. Terakhir, meningkatkan potensi wisata maritim.

Baca juga: TPN minta distribusi bansos yang ditunda tak dipolitisasi

Penerapan ekonomi hijau, lanjut Agus, juga terintegrasi dengan percepatan transisi energi, dari energi berbasis fosil menjadi energi baru terbarukan. Nantinya, proyek-proyek ekonomi hijau juga akan berusaha diterapkan hingga level desa.

"Pelaksanaan ekonomi hijau itu sangat terkait dengan transisi energi terbarukan. Kemudian mempercepat pembentukan desa-desa mandiri di berbagai daerah. Itu juga ada ekonomi di situ," jelasnya.

Pengembangan kegiatan ekonomi hijau, menurut dia, akan dirancang sedemikian rupa demi meminimalisasi kerusakan sosial di lingkungan kerja. Program yang ditawarkan, misalnya ganyang plastik, gebrak polusi. Pendekatan yang dipakai ialah reduce, reuse, recycle, recovery, dan repair.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasangan calon presiden-wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Slank dukung Ganjar-Mahfud menangi Pilpres 2024
Baca juga: Ganjar berziarah ke makam Bathara Katong saat kampanye di Ponorogo

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024