Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, membangun penangkaran rusa sambar yang merupakan ikon daerah berjuluk Benuo Taka itu.

Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun di Penajam, Sabtu, mengatakan rusa sambar merupakan ikon daerah, tetapi yang terpampang di kantor pemerintah kabupaten hanya patung rusa sambar.
 
"Oleh karena itu, harus dibangun penangkaran rusa sambar di kawasan kantor bupati," katanya.

Baca juga: Akmal Malik: Penangkaran Rusa di PPU bisa jadi tujuan wisata

Menurut dia, penangkaran rusa sambar sedang dibangun di belakang Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Jalan Provinsi Kilometer 9 Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam.

Ia juga mengemukakan, penangkaran rusa sambar yang berada di Desa Api-Api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.
 
"Jadi, pemerintah kabupaten harus memiliki penangkaran rusa sambar sendiri," ujarnya.

Baca juga: 900 hektare lahan penangkaran rusa dikuasai warga
 
Apalagi, kata dia, saat ini pengembangbiakan rusa sambar di penangkaran Desa Api-Api itu sudah melebihi daya tampung, sehingga harus ada penangkaran baru untuk menampungnya.
 
Data tampung penangkaran rusa sambar di Desa Api-Api, Kecamatan Waru sekitar 100 ekor, dan saat ini sudah berkembang menjadi lebih kurang 217 ekor.
 
Salah satu pilihan untuk relokasi rusa sambar itu, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara membangun penangkaran rusa sambar yang dikelola pemerintah kabupaten setempat.

Baca juga: Pemkab Sukamara lepas liar rusa sambar cegah kepunahan
 
Penangkaran rusa sambar di belakang Kantor Bupati Penajam Paser Utara bakal dilengkapi dengan gazebo, toilet, dan sarana pendukung lainnya yang disiapkan bagi pengunjung.
 
"Saat ini sedang dilakukan pembangunan pagar dan kandang, serta penunjang lainnya untuk penangkaran rusa sambar," ujar Makmur Marbun.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024