Jakarta (ANTARA) - Politikus PDI Perjuangan Charles Honoris mengatakan perpindahan arah dukungan politik adalah hal yang harus disikapi secara biasa dan tidak berlebihan, termasuk pindahnya Maruarar Sirait ke kubu Prabowo-Gibran yang kemudian tergantikan dengan dukungan Slank untuk Ganjar-Mahfud. 

"Jika Prabowo-Gibran dapat Maruarar, maka kami dapat Slank. Jika karena Maruarar segelintir kader TMP Majalengka mundur dan mungkin mengikuti langkah politiknya mendukung Prabowo-Gibran, maka kami siap bersama-sama 4 juta lebih Slankers untuk memenangkan Ganjar-Mahfud," kata Charles dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Slank dukung Ganjar-Mahfud menangi Pilpres 2024

Baca juga: Slank dukung Ganjar-Mahfud perjuangkan demokrasi dan supremasi hukum


Charles mengatakan kepergian Maruarar yang notabene ketua umum Taruna Merah Putih (TMP) --organisasi sayap PDIP-- langsung tergantikan dengan merapatnya band legendaris Slank ke kubu capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Datang dan pergi dalam politik adalah hal yang lumrah. Sementara yang harus tinggal tetap adalah konsistensi dukungan terhadap nilai-nilai berpolitik, seperti telah ditunjukkan Slank dengan mendukung Ganjar-Mahfud karena grup band terbesar di Indonesia itu juga mendukung nilai-nilai demokrasi," ujar Charles. 

Menurut dia, Slank menyatakan dukungan kepada Ganjar-Mahfud karena mereka meyakini pasangan tersebut adalah yang paling tepat untuk menjalankan agenda Reformasi 1998, seperti memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Dengan kata lain, Slank percaya bahwa nilai-nilai antikorupsi, antikolusi, dan antinepotisme itu ada pada pasangan 03," ujar Charles.

Lebih lanjut Charles juga memuji langkah Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank yang telah mengajukan pengunduran diri sebagai Komisaris PT Telkom sebelum mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar-Mahfud.

"Saya juga secara khusus mengapresiasi pengunduran diri anggota Slank, Abdee Negara sebagai komisaris salah satu BUMN terbesar, sebelum bandnya mendukung Ganjar-Mahfud. Ini adalah bentuk konsistensi Slank dalam menjunjung nilai-nilai etika berpolitik, yang harus sama-sama kita jaga di musim Pemilu 2024 ini," kata Charles.

Wakil Direktur Representatif TPN Ganjar-Mahfud itu berharap dukungan Slank terhadap Ganjar-Mahfud bisa memberi dampak elektoral mengingat grup musik legendaris ini memiliki lebih dari 4 juta pendukung fanatik.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2024