Jakarta (ANTARA) - Atlet skateboard Basral Graito membagikan kiat andal bermain skateboard salah satunya mempelajari jatuh agar meminimalisasi efek cedera.

"Pelajari cara jatuh agar meminimalisir efek cedera,” kata dia melalui keterangan tertulis WINGS Food, Sabtu (20/1).

Di sisi lain, menurut Basral, seseorang juga harus punya niat dan kemauan untuk mempelajari skateboard dan memperbanyak berlatih dengan teman-teman di komunitas serta tempat-tempat baru untuk saling berbagi informasi dan pengalaman sesama skater.

Baca juga: Tiga riders muda bagikan "tips-tricks" bermain skateboard

Terakhir, imbuh dia, konsisten mengulik dan menghafal trik-trik skateboard yang ingin dicoba untuk mengasah keterampilan juga menjadi bagian kiatnya agar andal bermain skateboard.

Basral Graito menceritakan, ia mulai bermain skateboard sejak tahun 2016 karena memiliki ketertarikan pada olahraga yang menantang dan rasa penasaran untuk eksplorasi berbagai trik-trik skateboard.

"Dari rasa ketertarikan tersebut, saya selalu belajar mencoba trik baru dan konsisten untuk meningkatkan skill," ujar dia.

Sementara itu, berbicara tentang dunia skateboard, Ketua Komisi Indonesia Skateboard, Antony Adam Caya berpendapat sejak ditetapkan sebagai cabang olahraga di Indonesia pada 2018, skateboard terus berkembang dan ini terlihat dari pertumbuhan komunitas dan wadah berlatih seperti skate school dan sarana skate park.

Baca juga: Nyimas Bunga Cinta ungkap asa dan persahabatan di lapangan skateboard

Dia lalu mengapresiasi pihak-pihak yang mengadakan kompetisi skateboard karena dapat membuka kesempatan sebagai jalur tambahan untuk mengirim para peserta ke ajang bergengsi Kejurnas Skateboard 2024.

Dalam keterangan pers yang sama, Marketing Manager Powdered Drink Category WINGS Food The Budi Santoso mengatakan perusahaannya mengadakan kompetisi JASJUS Skate Seru sebagai bentuk dukungan kami bagi anak muda pencinta skateboard dalam bereksplorasi dan menunjukkan ekspresi diri.

Lebih dari sekadar seru bermain dan mengasah talentanya, nantinya para pemenang ini berkesempatan memenangkan golden ticket ke Kejurnas Skateboard 2024.

Terdapat enam kategori peserta dalam kompetisi skateboard ini yakni U-10 Woman, U-10 Men, U-15 Woman, U-15 Men, U-21 Men, dan Female Open. Kualifikasi peserta diadakan pada 13 dan 14 Januari 2024 di Bintaro sebagai seleksi untuk bertanding di tahap final.

Baca juga: Kerajinan dari kayu bekas papan skateboard mejeng di Kriyanusa 2023

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024