joint study dua blok migas tersebut dilakukan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) bersama LEMIGAS.....
Jakarta (ANTARA) - LEMIGAS Kementerian ESDM turut mengambil bagian dalam studi bersama (joint study) dua penawaran wilayah kerja (WK) atau blok migas yakni Peri Mahakam dan Sangkar.

Kepala LEMIGAS Ariana Soemanto  dalam keterangannya di Jakarta, Minggu  menyatakan joint study dua blok migas tersebut dilakukan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) bersama LEMIGAS melalui kajian geologi, geofisika, dan reservoir dengan metode play based exploration (PBE), yang merupakan best practice eksplorasi migas dunia.

Setelah studi selesai dibuat masukan kebijakan (policy brief) untuk pemerintah.

"Kami membuat kajian tektonostratigrafi, membuat play model system migas, membuat pemodelan cekungan untuk mengetahui proses, komponen dan waktu keterbentukan migas, memetakan prospek dan lead, membuat analisis risiko geologi dan menghitung volume migas," katanya.

Baca juga: LEMIGAS aktif buru cadangan migas di tanah air

Penawaran blok migas sepanjang 2023 cukup masif yaitu sebanyak 10 blok migas. Tidak hanya itu, tiga blok migas yang dilelang pada 2022 juga akhirnya resmi dikelola pemenang lelang setelah menandatangani kontrak tahun lalu.

Dengan demikian, sepanjang 2023, total ada 13 blok tiga blok migas, yang kontraknya ditandatangani dengan mencatatkan komitmen pasti eksplorasi sebesar 178,6 juta dolar AS.

Total 13 blok migas yang ditandatangani tersebut tersebar di berbagai wilayah Indonesia, yakni Offshore Northwest Aceh, Bireun Sigli, Offshore Southwest Aceh, West Kampar, Jabung Tengah, Beluga, East Natuna, Paus, Bengara I, dan Akia. Kemudian, ada Bunga, Sangkar, dan Peri Mahakam, yang merupakan tiga blok migas dilelang 2022 dan melakukan penandatanganan kontrak pada 2023.

LEMIGAS melakukan joint study bersama dengan konsorsium PT Pertamina Hulu Energi dan Eni Indonesia Limited untuk Blok Peri Mahakam, serta, dengan KKKS PT Saka Eksplorasi Timur untuk Blok Sangkar.

WK Peri Mahakam berlokasi di lautan dan daratan Provinsi Kalimantan Timur, dengan luas area 7.414,43 km2 dan potensi sumber daya minyak dan gas bumi sebesar 1.300 MMBOE.

Baca juga: Kontribusi LEMIGAS ke penerimaan negara capai Rp231 miliar pada 2023

Sementara itu Blok Sangkar berlokasi di lautan dan daratan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, dengan luas area 8.122,58 km2 dan potensi sumber daya minyak bumi sebesar 130 MMBO dan gas bumi sebesar 300 billion cubic feet (BCF).

Ariana mengatakan kemampuan studi eksplorasi LEMIGAS dilengkapi dengan sarana atau fasilitas memadai seperti laboratorium geofisika untuk melakukan interpretasi seismik.

Lalu, ada laboratorium biostratigrafi untuk melakukan analisis umur dan lingkungan pengendapan, korelasi sumuran, dan membuat diagram kronostratigrafi.

"Selain itu, LEMIGAS memiliki laboratorium sedimentologi. Ini sangat berfungsi untuk membuat kajian properti reservoir," ujar Ariana.

Kemudian, laboratorium geokimia membuat kajian pemodelan cekungan dan analisis batuan sumber.

LEMIGAS juga memiliki para ahli geologi dan geofisika yang mumpuni yang bertugas memetakan prospek dan lead, membuat analisis risiko geologi dan menghitung volume migas serta membuat masukan kebijakan.

"Penawaran blok migas memang sangat penting dan sebagai salah satu upaya dalam mengejar target produksi migas," sebut Ariana.

Baca juga: KESDM sebut "co-firing" salah satu solusi tingkatkan bauran EBT

Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji menjelaskan masih ada tiga WK migas, yang ditawarkan pada tahun lalu, akan diselesaikan pada awal 2024.

"Ada WK Bobara dan dua WK lainnya yaitu Akimeugah I dan Akimeugah II yang masih dalam proses lelang. Nah, ini kita harapkan bisa selesai pada awal tahun ini," ungkapnya dalam konferensi pers kinerja hulu migas di Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Pemerintah menargetkan 10 blok migas yang dilelang pada 2024. Meskipun belum bisa disebutkan blok mana saja, namun pemerintah menyebutkan ada dua wilayah paling prospektif yang tengah disiapkan untuk dilelang karena diprediksi mendapatkan giant discovery.

“Rencananya, pada 2024 ada 10 wilayah kerja migas (dilelang). Masih bekerja dengan SKK Migas beberapa daerah menjanjikan dan akan dibuat untuk dilelang. Di utara Madura itu, kalau saya pahami prospektif, kemudian sekitar Blok Andaman juga prospektif, saya kira dua itu besar di sekitar Madura dan Andaman,” kata Tutuka.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024