Kami mencetak sekitar 20 ribu soal secara acak berikut jawabannya sehingga tidak mungkin bocor karena sudah diamankan.
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Azwar Abubakar, memastikan bahwa tidak akan ada "kebocoran" soal maupun jawaban dalam ujian perekrutan calon pegawai negeri sipil (PNS).

"Soal maupun jawaban untuk ujian seleksi calon PNS dijamin pemerintah tidak akan bocor," kata Azwar saat ditemui usai memberi sambutan dalam Konferensi Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) 2013 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan di Jakarta, Selasa.

Menurut Azwar, kemungkinan beredarnya lembar soal atau jawaban ujian seleksi masuk PNS itu sangat kecil karena berbagai kelengkapan untuk penyelenggaraan ujian tersebut, termasuk lembar soal, akan diawasi dan dikawal oleh polisi dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

"Kami mencetak sekitar 20 ribu soal secara acak berikut jawabannya sehingga tidak mungkin bocor karena sudah diamankan," ujarnya.

Oleh karena itu, dia mengimbau bagi semua orang yang ingin mengikuti ujian seleksi masuk PNS untuk tidak mempercayai adanya soal atau jawaban "bocoran" untuk ujian PNS.

"Jadi, jangan sampai terjebak karena tidak akan ada itu yang namanya `bocoran`. Selain itu, jangan percaya calo-calo yang menjanjikan dapat memasukkan seseorang menjadi PNS, itu penipuan," katanya.

Selanjutnya, Azwar mengatakan soal ujian calon PNS yang akan diberikan kepada peserta tentunya terkait dengan potensi dasar dan latar belakang pendidikan atau keahlian peserta.

"Tetapi inti soalnya itu adalah kompetensi dasar kepribadian, potensi akademik, wawasan kebangsaan. Setelah itu, akan ada ujian kompetensi bidang tertentu," jelasnya.

Azwar menyebutkan ujian seleksi calon PNS akan dilaksanakan pada November 2013 secara serentak karena pencetakan soal akan selesai pada Oktober.

Ia berharap para peserta yang akan mengikuti ujian calon PNS agar dapat memanfaatkan waktu dengan baik untuk belajar dan mempersiapkan diri menghadapi ujian.

"Para calon peserta bisa belajar dengan soal yang lama atau mengikuti soal yang dari kampus- kampus," ujarnya.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013