Jakarta (ANTARA) - Deklarator Kaukus Muda Beringin 03 Ton Abdillah Has mengatakan visi "Indonesia Emas 2045" terlihat jelas dalam visi dan misi "Menuju Indonesia Unggul" milik pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Awalnya, Ton mengatakan kemandekan di internal Partai Golkar membuat sejumlah kader partai tersebut marah dan menemukan momentum untuk mendeklarasikan gerakan mendukung Ganjar-Mahfud di Jakarta, Rabu (10/1).

"Kaukus yang kami inisiasi sudah bergulir menjadi gerakan Ayo Bung Ganjar atau ABG, sebagai upaya nyata memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud," kata Ton dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ton bersama sejumlah pengurus dan caleg Partai Golkar bersilaturahim dengan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Jakarta, Sabtu (20/1).

Baca juga: Golkar minta Ganjar tanyakan ke Mahfud terkait kritik penegakan hukum

Tom mengatakan ketakutan yang dirasakan pengurus dan caleg partai berlambang pohon beringin itu muncul karena ada pemaksaan memenangkan pasangan calon lain.

Hal itu pun, menurut Tom, bertentangan dengan nurani dan akal sehat kader, sehingga bertransformasi menjadi energi perlawanan atas perintah pimpinan pusat Partai Golkar.

"Golkar adalah partai demokratis, dihuni kader-kader rasional, sehingga upaya kooptatif dan otoriter pasti menuai perlawanan," tegas fungsionaris DPP Partai Golkar itu.

Dukungan kepada pasangan calon Ganjar-Mahfud pun telah melalui diskusi panjang.

Ton menjelaskan rekam jejak dan visi yang diusung Ganjar-Mahfud sesuai dengan visi Partai Golkar Menuju Indonesia 2045.

Baca juga: TPN: Dukungan ke Ganjar-Mahfud makin kuat jelang pencoblosan

Delapan visi dan misi Ganjar-Mahfud merupakan agenda dedikatif menuju Indonesia Emas 2045.

"The Indonesia Dream 2045 Partai Golkar secara sempurna terlihat jelas dalam visi menuju Indonesia Unggul Ganjar-Mahfud," ujar Ton.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar tegaskan komitmen untuk sejahterakan rakyat

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024