Sentani (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua menjaring 56 orang dalam pembuatan paspor manual dan elektronik di kawasan car free day (CFD) atau bebas kendaraan pada Sabtu (20/1).

Kanwil Kemenkumham Papua bersama Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura menggelar layanan Paspor Simpatik dalam rangka Hari Bakti ke-74 Imigrasi 4 di area CFD, Jalan Holtekamp, Distrik Jayapura Selatan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba dalam keterangan tertulis diterima Sentani, Minggu, mengatakan dari 56 pemohon pembuat paspor, 20 diantaranya gratis.

Baca juga: Imigrasi Jayapura akan beri layanan Paspor Simpatik di Car Free Day

“Bapak Penjabat Wali Kota Jayapura melalui Sekda membayar untuk 10 pemohon, dua orang anggota MRP, Robert Wanggai membayar lima pemohon, Markus Kayoi membayar dua pemohon dan saya membayar tiga pemohon sehingga total 20 orang,” katanya.

Menurut Ayorbaba, pelayanan Paspor Simpatik ini sangat baik, karena karena orang dapat membuatnya di waktu santai atau saat melakukan olahraga di akhir pekan (Sabtu).

“Kita tahu kan terkadang orang itu sulit untuk datang mengurus dokumen diri, salah satunya paspor di hari kerja karena padatnya tugas, maka di akhir pekan seperti ini mereka dibantu untuk mengurus dokumen sekalian berolahraga,” ujarnya.

Dia menjelaskan inovasi ini pertama kali dilakukan dengan sangat baik, karena yang mengurus paspor biasa atau manual sebanyak 21 orang, paspor baru elektronik 16 orang, paspor ganti biasa tujuh orang dan paspor ganti elektronik 12 orang sehingga total 56 orang.

“Bayangkan di hari biasa saja jumlah pengurusan paspor tidak sebanyak ini. Oleh karena itu, sehingga kegiatan seperti ini perlu terus ditingkatkan, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengurus paspornya,” katanya.

Baca juga: Papua Terkini: ULP Makassar layani pembuatan paspor warga Papua

Baca juga: Kantor Imigrasi Manokwari diminta permudah pelayanan paspor


Dia menambahkan dengan kegiatan ini banyak komentar positif dari masyarakat kepada pemerintah dalam hal ini Kanwil Kemenkumham Papua dan Kantor Imigrasi kelas I TPI Jayapura.

“Masyarakat banyak yang menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kegiatan pelayanan Paspor Simpatik, sehingga mereka harap dapat dilakukan juga pada HUT Kota Jayapura tahun ini,” ujarnya.

Kanwil Kemenkumham Papua bersama Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura melanjutkan kegiatan Paspor Simpatik dengan jalan santai sekaligus pembersihan pantai Holtekamp.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024