Jakarta (ANTARA) - Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terus mendapatkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat, salah satunya datang dari 10 Perguruan Silat Gagak Lumayung dan tokoh seni budaya Jawa Barat.

“Alhamdulillah hari ini pasangan calon nomor urut dua, Prabowo-Gibran kembali mendapatkan dukungan dari 10 Perguruan Silat Gagak Lumayung dan tokoh seni budaya Jawa Barat,” kata Wakil Ketua koordinator nasional TIM 8 Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RJBBP) Abdul Havid Permana dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Minggu.

Dalam deklarasi tersebut turut hadir dua pemain sinetron Preman Pensiun yang turut menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran lantaran visi dan misi yang searah, salah satunya mengutamakan persatuan bangsa.

Dua artis sinetron tersebut yakni Yusup Herdiana aktor pemeran Mang Uu dan Zulfikar alias Ikang Sulung yang merupakan aktor pemeran Kang Jamal.

“Dukungan ini sebagai bukti bahwa Prabowo-Gibran menghargai setiap perbedaan. Sehingga tidak perlu memperlebar perbedaan, tapi menguatkan persamaan,” ujar Havid.

Havid juga mengatakan bahwa Prabowo-Gibran memiliki visi dan misi untuk melestarikan budaya. Salah satunya menghidupkan kembali cerita rakyat yang nyaris hilang dan asing melalui aktivitas kreatif, inovatif, dan berbasis digital.

“Menjamin keberlangsungan dan memajukan ekosistem seni tradisional agar tidak menjadi negara konsumen budaya dunia,” terangnya.

Selain itu juga menjamin kebebasan para seniman serta pelaku budaya untuk berkarya, menyampaikan pendapat, dan berkreasi di muka umum.

Sementara itu, Pengurus Padepokan Putra Wiwaha Sagatan, Andri Gustiar mengatakan Prabowo-Gibran adalah capres dan cawapres yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi. Sehingga hal ini menggerakkan hati para pendekar mewujudkan deklarasi.

“Kita sama-sama tahu, Prabowo-Gibran adalah sosok yang bisa memahami perbedaan. Kemudian juga keduanya saling melengkapi. Sehingga hati kami berkata pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua adalah yang terbaik,” kata Andri.

Andri mengungkapkan para pesilat dari padepokan di Jawa Barat punya sejarah ikut mengamankan perhelatan internasional yang sangat bersejarah yaitu diminta oleh Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno, untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Asia Afrika di Bandung.

“Kita punya sejarah panjang waktu itu pendahulu pendahulu kami pernah diminta untuk melakukan penjagaan dan mengamankan acara KTT Asia Afrika agar dapat berjalan lancar dan alhamdulillah sukses sekarang menjadi sejarah bangsa yang tidak terlupakan,” ungkapnya

Deklarasi tersebut digelar di DPD Sport Hawa Murni Putra Wiwaha, Desa Sekarwangi Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Acara deklarasi tersebut juga dimeriahkan dengan minangkala dan pentas seni. Sebanyak 10 perguruan silat yang hadir yaitu, Padepokan Putra Wiwaha Sagatan Pusat, Wiwaha Sagatan 1, Wiwaha Sagatan 2, Perguruan Sport Hawa Murni Putra Wiwaha, Padepokan Putra Medal, Padepokan Sinar Paninggal, Lingkung Seni Jaipong aru3m Sari Nayaga, P3S Gagak Lumayung Kabupaten Bandung Amin Cs (Giri Manik) Padepokan Mustika Campaka.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.
 
Pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.
 
Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).
 
KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo puji Rini Soemarno di hadapan ribuan anggota MDS Coop
Baca juga: Anies mulai kampanye akbar perdana di Tangerang Banten
Baca juga: Kaukus Muda Beringin: Indonesia Emas 2045 jelas di visi Ganjar-Mahfud


 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024