Bandung (ANTARA) - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo secara maraton melakukan kampanye terbuka "Hajatan Rakyat" Pemilu 2024 di Bandung, Jawa Barat, dan Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu.

Ganjar berpendapat kedua daerah tersebut memiliki energi tinggi untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar-Mahfud.

"Hajatan di Bandung dan Sidoarjo, kami melihat masyarakat yang datang banyak sekali dan itu menunjukkan bahwa energi di Jabar dan Jatim tinggi untuk Ganjar-Mahfud," kata Ganjar dalam keterangan tertulis yang diterima di Bandung, Jawa Barat, Minggu.

Ganjar mengatakan antusiasme masyarakat membuatnya optimistis bahwa dukungan untuk Ganjar-Mahfud betul-betul datang dari rakyat, meskipun ada dugaan banyak tekanan dan intimidasi.

Baca juga: Ganjar tegaskan komitmen untuk sejahterakan rakyat

"Mudah-mudahan ini dukungan yang memang tulus dari masyarakat dan ikhlas diberikan. Mereka datang dengan kegembiraan. Ini menunjukkan mental mereka memang baja," ungkap Ganjar.

Terkait alasan memilih Bandung dan Sidoarjo sebagai lokasi kampanye akbar Pemilu 2024, Ganjar mengaku sebenarnya dia ingin melakukan acara serupa di seluruh kabupaten dan kota di Tanah Air, namun hal itu tidak memungkinkan untuk dilakukan.

"Jadi, hari ini di Sidoarjo. Mungkin di kesempatan berikutnya akan di kota lain, tetapi yang jelas kekuatan di Jatim memang menjadi energi besar bagi Ganjar-Mahfud, dan inilah teman-teman dari seluruh partai pendukung, mereka full team hadir di sini," tutur Ganjar.

"Hajatan Rakyat" di Sidoarjo berlangsung mulai pukul 14.30 WIB dan Ganjar tiba sekitar pukul 15.00 WIB. Sebelumnya di Sidoarjo, Minggu, Ganjar menghadiri hajatan serupa di Kota Bandung, Jawa Barat, sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Kampanye hari ke-55, Ganjar ke Jabar dan Jatim, Mahfud fokus debat

Di Sidoarjo, Ganjar didampingi sejumlah pimpinan partai pendukung, salah satunya Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Selain itu, sejumlah politikus PDI Perjuangan yang hadir antara lain Puan Maharani, Puti Guntur Soekarno, dan Krisdayanti.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Bakti kepada orang tua jadi alasan Megawati hadiri kampanye Ganjar

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024