Menurut informasi Pengurus Pusat PWI, pembukaan Porwanas XI yang dijadwalkan 14 September 2013 oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), sedangkan pembukaan Kongres XXIII PWI diharapkan oleh Presiden SBY,"
Banjarmasin (ANTARA News) - Provinsi Kalimantan Selatan berusaha mengambil manfaat saat menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas), 11-20 September 2013.

Ketua PWI Cabang Kalsel, Faturahman, di Banjarmasin, Selasa menuturkan, dengan menjadi tuan rumah maka diharapkan Kalsel akan semakin diperhitungkan dalam kancah nasional karena kehadiran para tokoh pers nasional dan pejabat negara termasuk Presiden RI.

Kegiatan Porwanas itu akan dirangkaikan dengan Kongres XXIII PWI dimana berdasarkan rencana akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Menurut informasi Pengurus Pusat PWI, pembukaan Porwanas XI yang dijadwalkan 14 September 2013 oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), sedangkan pembukaan Kongres XXIII PWI diharapkan oleh Presiden SBY," kata Fathurrahman.

Peserta kongres dan Porwanas sekitar 3500 orang berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, mereka terdiri dari kalangan wartawan, tokoh pers, pengurus PWI.

"Kegiatan ini menjadi peluang dan kesempatan untuk mengenalkan potensi pariwisata, seni dan budaya lokal kepada seluruh peserta kongres dan peserta Porwanas itu sendiri," tuturnya.

Selain itu ajang kongres dan Porwanas menjadi ajang promosi usaha kecil dan menengah serta koperasi melalui produk-produk kerajinan di daerah Kalsel.

PWI Kalsel selaku pantia daerah mulai sekarang bekerja lebih giat lagi, guna kesuksesan pelaksanaan Porwanas dan Kongres PWI, yang waktu pelaksanaannya tak sampai satu bulan lagi.

Sesuai konfirmasi dari masing-masing cabang PWI seluruh Indonesia, Porwanas XI akan diikuti 1.581 orang atlet/wartawan.

Sedangkan Kongres XXIII PWI yang akan memilih Ketua Umum Pengurus Pusat PWI periode 2013 - 2018 dan berlangsung di Hotel Area Borneo Banjarmasin, diikuti sekitar 200 orang utusan dari 34 cabang PWI se-Indonesia.

(H005/D011)

Pewarta: Hasan Zainuddin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013