mereka tidak paham apa itu kerelawanan
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyinggung soal ucapan yang menganggap partai sebagai jalan penentu bagi seseorang untuk menjadi presiden.

"Jadi, kalau ada yang bilang partailah yang menentukan segalanya karena partailah satu-satunya yang menentukan dan membangun lintas terhubung bagi presiden kepada masyarakat dan menganggap remeh peran relawan; berarti mereka tidak paham apa itu kerelawanan," kata Kaesang dalam Konsolidasi Akbar PSI dan Relawan Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Menurut Kaesang, relawan Jokowi yang hadir tidak bisa dianggap remeh karena telah berjasa dalam dua kali kemenangan Jokowi pada Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

"Bekerja tanpa pamrih, bergerak di akar rumput meyakinkan masyarakat; relawan berhasil membuktikan kekuatan tersolid adalah kekuatan rakyat, kekuatan ketulusan," tambah putra bungsu Presiden Joko Widodo itu.

Baca juga: Kaesang: Saya jauh lebih "happy" di politik 

Kaesang juga berharap PSI, partai yang kini dia pimpin, bisa menjadi rumah perjuangan politik bagi para Relawan Jokowi.

"Saya dari PSI ingin menyampaikan bahwa ada garis yang sama dengan Bapak, Ibu semua yang ada di sini. Kita sudah ada di tengah jalan kesempatan Indonesia, sayang kalau kita berputar arah lagi. Kita harus memilih pemimpin yang mampu melanjutkan kinerja baik yang sudah ada," kata Kaesang.

Dia juga menyampaikan harapannya di hadapan para relawan mengenai Pilpres 2024 yang sebaiknya berlangsung sekali putaran.

"Sekali lagi, lebih baik lebih cepat, tidak perlu ada kampanye-kampanye lagi dan lebih hemat APBN. Kalau nggak salah sekitar Rp17 triliun. Buat Bapak, Ibu semua yang ada di sini, jangan lupa ajak sanak saudara untuk datang ke TPS (tempat pemungutan suara) masing masing di 14 Februari," tuturnya.

Baca juga: Kaesang serahkan penilaian ke masyarakat soal desakan Gibran mundur
​​​​​​​
Menurut dia, di waktu yang tersisa sekitar dua pekan lagi, para relawan harus berjuang bersama dalam memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sekali putaran Pilpres 2024.

"Kalau dapat dukungan dari Bapak semua, Pak Prabowo dan Mas Gibran sekali putaran, PSI bisa masuk Senayan. Jadi, saya mohon sekali lagi, doa restu dan dukungan," ujar Kaesang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Kaesang: Prof Mahfud lebih baik jangan mundur karena dibutuhkan
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024