Jakarta (ANTARA) - Pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina membuka kerajaan kuliner "RANS Nusantara Hebat" di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City, Kabupaten Tangerang, berkolaborasi dengan GK Hebat, perusahaan rintisan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep bersama mitranya Anthony Pradiptya. 
 
Raffi dalam sambutannya di lokasi RANS Nusantara Hebat, Sabtu, mengatakan tujuan membuka kerajaan kuliner itu adalah mengakselerasi pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan cara menempati tempat-tempat usaha yang strategis dan bergengsi agar bisa naik kelas.
 
"Terima kasih kepada Sinar Mas Land (pengembang kawasan BSD City) sudah mengajak RANS Nusantara Hebat di sini untuk sama-sama kita harus membuat UMKM Indonesia mendapatkan tempat terbaik dan naik kelas," kata Raffi. 

Baca juga: Pusat budaya hingga kuliner akan manjakan warga di IKN
 
Raffi optimistis jika UMKM diberikan kesempatan menempati level gaya hidup perkotaan, maka ekonomi Indonesia akan menjadi lebih hidup. 
 
"Karena bayangkan saja, di sini (BSD City) di tanah dua hektare ini bisa berdiri lebih dari 100 tenant (penyewa tempat dagang) UMKM. Dan ini jamnya belum buka puasa, sudah ramai banget," kata Raffi.
 
Tekad Raffi menggeluti bisnis akselerator UMKM diperkuat oleh keberhasilan di masa lalu bahwa RANS pernah mendorong UMKM agar usaha tersebut tumbuh lebih pesat sehingga menghasilkan peningkatan profit hingga 10 kali lipat.
 
"Ada satu UMKM, Rojo Sambel, tadinya dia hanya satu tenda saja. Sama kami diinvest, sekarang tokonya dia sudah jadi 30 cabang. Yang tadinya profit di satu tenda itu cuma Rp500 ribu sampai Rp1 juta, sekarang bisa naik 10 kali lipat," kata Raffi.


Baca juga: Pemkot Banda Aceh tetapkan 26 lokasi pusat kuliner Ramadhan 1445 H
 
Area kuliner baru beroperasi di kawasan BSD City, Kabupaten Tangerang, RANS Nusantara Hebat sudah dipadati pengunjung yang akan berburu makanan berbuka puasa, Sabtu (30/3/2024). (ANTARA/Abdu Faisal)


Baca juga: Menteri BUMN apresiasi pusat kuliner "stasiun lambuang" Bukittinggi

Area kuliner di Jalan BSD Raya Pusat itu memiliki tenant berjumlah 122 penyedia makanan ringan, makanan berat serta autentik dari berbagai daerah di Indonesia seperti Padang, Manado, Cirebon, dan lain-lain.

Kapasitas seluruh areanya lebih kurang 2,1 hektare berikut area panggung acara, area aktivasi dengan kolam ikan, tempat parkir, dan area kuliner itu sendiri berjumlah 1.500 sampai 2.000 partisipan.

Sementara itu Edwin Prasetya yang ditunjuk Raffi dan Kaesang selaku Direktur Rans Nusantara Hebat untuk mengatur kriteria UMKM yang layak berada di area kuliner tersebut.


Baca juga: Pemkot Serang dan BI buat pusat kuliner untuk meningkatkan ekonomi

Pertama, kata Edwin, usaha kulinernya harus berbadan hukum dahulu. Kedua, memenuhi target omzet sekitar Rp50 juta per bulan. Ketiga, aktif memasarkan produk secara digital melalui media sosial dan lain-lain. Keempat, memiliki sedikitnya satu cabang toko luring sebelumnya.

Kaesang turut hadir mengajak istrinya Erina Gudono dalam perayaan beroperasinya RANS Nusantara Hebat itu.

Turut hadir anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja, serta pasangan selebritas Giring Ganesha dan Chintya Riza.


Baca juga: Pemkot Bogor bangun pusat kuliner wisata rasa di Cilendek Barat

Baca juga: Kya-Kya, surga wisata kuliner di Surabaya

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024