Kami juga dapat laporan kepala daerah ditelepon, ....
Sidoarjo (ANTARA) - Tarian Remo yang dimainkan oleh seratus penari menyambut kehadiran Calon Presiden RI Ganjar Pranowo saat melakukan kampanye di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu.

Selain tarian Remo, dalam kampanye bertajuk Hajatan Rakyat juga diwarnai dengan penampilan atraksi Reog Ponorogo yang merupakan budaya asli Jawa Timur.

"Saya dan Pak Mahfud menginap di rumah-rumah saudara orang kecil yang sampaikan cerita, seperti petani sampaikan pupuk langka, ibu-ibu sampaikan beras mahal, kenapa di sana dapat BLT (bantuan langsung tunai) kok di sini tidak," katanya.

Ganjar melanjutkan, "Kalau datanya baik, kalau verifikasinya baik, akan tepat sasaran, yakni pakai KTP karena itulah data bisa dipakai."

Hal itu, kata dia, termasuk ibu-ibu dari keluarga tidak mampu apakah anak-anak mendapatkan akses. Hal inilah investasi mereka untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan.

Ia menyebutkan kembali program Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana, yang merupakan bentuk pembelaan wong cilik, termasuk pula penyandang disabilitas perlu mendapatkan fasilitas terbaik.

Ditegaskan pula bahwa mereka punya hak sama, termasuk pelaku UMKM ketika UMKM digital internet gratis berkembang jauh cepat.

"Anak muda pelaku UMKM tidak lelet karena cerdasnya menggunakan fasilitas. Mereka melaksanakan tugas dengan internet gratis supaya ekonomi kreatif tumbuh baik," kata Ganjar.

Berikutnya, kata dia, seluruh program tersebut bisa terlaksana dengan syarat pasangan calon ini harus menang.

Ganjar mengatakan bahwa pihaknya mendapat informasi kalau ada pihak yang mulai menelepon kepala desa.

"Kami juga dapat laporan kepala daerah ditelepon, dan bahasa jangan kencang-kencang. Sebagai orang waras, mari jaga demokrasi dengan baik," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Puan Maharani yang merupakan cucu Proklamator Soekarno melakukan orasi kampanye yang menyebutkan program-program Ganjar Pranowo-Mahfud Md., salah satunya insentif guru ngaji, insentif RT, dan insentif kader posyandu.

"Ini merupakan salah satu program Ganjar Pranowo-Mahfud Md.," ujarnya.

Kampanye terbuka yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo Jawa Timur tersebut dihadiri puluhan ribu kader PDI Perjuangan se-Jatim. Kader tersebut datang menggunakan bus dan jenis kendaraan lainnya.

Kondisi ini berimbas pada kemacetan lalu lintas terjadi di sekitar Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Baca juga: Hadiri kampanye, Alam Ganjar ajak Ganjar-Atikoh nyanyikan "Rumah Kita"
Baca juga: Kader PDI Perjuangan se-Jatim hadiri kampanye Ganjar di GOR Sidoarjo


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024