Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD tampil percaya diri dengan berpenampilan ala pencinta alam pada Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, Minggu.

Ganjar-Mahfud memasuki arena debat dengan mengenakan kemeja tactical outdoor berwarna khaki dan hijau, dilengkapi syal ala pendaki yang melingkar di leher bergambar ikon angka 3, serta dikelilingi slogan "Sat Set, Tas Tes, Selesai".

Setelah itu, Ganjar-Mahfud mengangkat tangannya membentuk gestur yoga tiga Jari mudra pertiwi dan mengucapkan "Salam Bumi" dengan lantang.

Mudra pertiwi (pritivhi mudra) adalah gestur meditasi yang berhubungan dengan elemen bumi atau tanah. Gestur dengan tiga jari terangkat ini menyeimbangkan energi di dalam tubuh dan menyelaraskan dengan bumi dalam harmoni.

Sikap "membumi" yang muncul akan menghadirkan rasa aman, tenteram, dan stabil, serta menguatkan tubuh secara fisik. Menyatu dengan bumi akan menyembuhkan diri. Mudra pertiwi menjadi inspirasi "Salam Bumi".

Baca juga: Hadiri kampanye, Alam Ganjar ajak Ganjar-Atikoh nyanyikan "Rumah Kita"

Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan kostum yang digunakan pasangan calon tersebut memiliki makna semangat kepemimpinan yang bersahabat dengan alam.

"Makna-makna busana dan gestur Ganjar-Mahfud menunjukkan bahwa keduanya memiliki semangat kepemimpinan yang bersahabat dengan alam dan penuh perhatian menjaga kelestarian ibu pertiwi," kata Karaniya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Kostum pencinta alam yang dirancang khusus SukkhaCitta sesuai dengan tema debat keempat, yaitu pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, sumber daya alam (SDA), energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Kemeja yang didesain khusus untuk Ganjar dan Mahfud itu menggunakan patch yang menggambarkan program-program kerja pasangan calon itu sesuai tema debat, seperti Sampah Jadi Berkah, Petani Berdaya Pangan Berjaya, hingga Harmoni Hutan untuk Keseimbangan.

Tak lupa, identitas "Sat Set" untuk Ganjar dan "Tas Tes" untuk Mahfud selalu tertulis di dada pakaian keduanya. Sepatu yang digunakan Ganjar-Mahfud juga merupakan buatan lokal berbahan kulit asli produksi Prabu yang sudah berdiri sejak tahun 2019.

Baca juga: "Penguin" dukung Ganjar-Mahfud pada debat cawapres di JCC

Ganjar-Mahfud menggunakan sepatu seri Catur Patina Tan, yang dikustomisasi bertuliskan "Sat Set" dan "Tas Tes". Seperti pada debat-debat sebelumnya, pasangan calon Ganjar-Mahfud melakukan persiapan secara total.

"Bukan hanya persiapan substansi dan data, tetapi juga persiapan busana yang relevan dengan latar belakang dan rekam jejak kedua paslon serta tema debat. Busana yang dikenakan Ganjar-Mahfud sekaligus bentuk dukungan kepada jenama lokal karya anak bangsa," jelasnya.

Menurut Karaniya, kemeja pencinta alam yang diproduksi khusus oleh jenama Hoya Fields asal Bandung itu dipilih oleh pasangan Ganjar-Mahfud karena terkait dengan isu ekonomi hijau dan ekonomi biru yang diusung pasangan calon tersebut.

"Kemeja buatan jenama lokal ini juga merepresentasikan keseharian Ganjar-Mahfud yang dekat dengan rakyat, tak pernah lelah turun ke lapangan, dan menyerap energi rakyat Indonesia," ujar Karaniya.

Baca juga: Kaukus Muda Beringin: Indonesia Emas 2045 jelas di visi Ganjar-Mahfud

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Setelah debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua pada 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada 7 Januari 2024; KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan ketiga calon wakil presiden (cawapres).

Tema debat keempat meliputi energi, SDA, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Baca juga: Tarian Remo sambut kehadiran Ganjar saat kampanye di Sidoarjo

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024