Jakarta (ANTARA) -
Sebuah mesin genset di dalam diler dan bengkel mobil PT Astra Internasional (Toyota) di Jalan Raya Kalimalang Kelurahan/Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, terbakar pada Senin siang.
 
"Akibat kebakaran itu, ruang genset yang seluas 21 meter persegi hangus terbakar," kata Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman di lokasi kejadian.
 
Pihaknya menduga peristiwa kebakaran itu disebabkan terjadinya arus pendek listrik (korsleting) pada mesin genset yang berada di lantai semi "basement".
 
"Saat terjadi pemadaman listrik pada pukul 10.00 WIB, maintenance menyalakan genset dan tiba-tiba ada penyalaan di ruang genset sekitar pukul 11.00 WIB," ujarnya.
 
Petugas pun mengerahkan 11 unit mobil pemadam dengan 55 personel untuk memadamkan si jago merah.
 
Bahkan, petugas pemadam kebakaran (damkar) mengerahkan satu unit mobil "smoke removal" dan mesin blower untuk mengeluarkan asap pekat yang berada di dalam ruangan mesin genset.
Kepala Seksi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman saat memberikan keterangan pers saat pemadaman api yang membakar ruang mesin genset yang berada di dalam dealer dan bengkel mobil PT Astra Internasional (Toyota) di Jalan Raya Kalimalang Kelurahan/Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (22/1/2023). ANTARA/Syaiful Hakim
"Namun, mobil 'smoke removal' tidak dapat masuk ke dalam karena tempatnya yang kecil. Sehingga, kami menggunakan mesin blower untuk mengeluarkan asap pekat," katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai Rp500 juta.
"Jiwa yang terselamatkan 100 jiwa. Pemadaman selesai pukul 13.00 WIB," kata Gatot.

Dalah satu mekanik di bengkel mobil itu, Dayat mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.
 
"Pada awalnya terjadi pemadaman listrik pada pukul 10.00 WIB. Mesin genset otomatis menyala, namun sekitar satu jam mesin genset menyala, sempat terjadi suara ledakan. Kemudian, keluar asap pekat," kata dia.
 
Karyawan diler dan bengkel mobil itu pun mengeluarkan tiga unit mobil yang berada di dekat ruangan mesin genset untuk menghindari rambatan api dan memudahkan petugas memadamkan api.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024