Jakarta (ANTARA) - Dunia investasi kini makin semarak dengan hadirnya berbagai instrumen investasi yang dapat melengkapi portofolio Anda. Sebut saja mulai dari instrumen investasi pasar modal seperti saham, obligasi hingga reksa dana yang berpotensi memberikan imbal hasil yang menjanjikan. 

Ada pula pilihan investasi seperti surat berharga negara (SBN) dengan tingkat kupon yang menarik. Tak ketinggalan, instrumen tabungan berencana, tabungan pensiun dan deposito dengan tingkat bunga yang kompetitif. Semua pilihan tersebut dapat menjadi opsi pelengkap portofolio Anda dalam perjalanan meraih kekayaan dalam jangka panjang bagi masa depan Anda. 

Terlebih pada tahun Pemilu saat ini, pergerakan instrumen pasar modal seperti saham yang dapat berubah cepat dan signifikan dapat menghasilkan kinerja indeks saham gabungan yang positif.

Sejumlah analis meyakini beberapa saham dari emiten sektor unggulan sesuai dengan kinerja dan pertumbuhannya layak untuk dilirik karena masih memiliki valuasi yang menarik.

Peluang instrumen reksa dana untuk memberi keuntungan juga masih besar seiring dengan kinerja historisnya yang tumbuh dan konsisten memberikan return.

Begitu pula pada instrumen obligasi negara ritel Indonesia (ORI), yang menarik minat kalangan investor. Sebagai contoh obligasi negara ritel seri ORI025 yang akan ditawarkan pemerintah pada 29 Januari 2024 — 22 Februari 2024.

ORI025 bahkan diproyeksi dapat memberikan kupon pada kisaran 6,3% — 6,4% jika dirilis dalam tenor 3 tahun dan di kisaran 6,5% — 6,6% untuk tenor 5 tahun sesuai iklim suku bunga acuan tinggi yang terjadi pada saat ini.

Adapun instrumen di sektor perbankan diperkirakan juga masih menarik pada tahun ini terutama pada instrumen seperti simpanan berjangka atau deposito yang masih menawarkan bunga tinggi atau memberikan pengembalian yang stabil.

Seiring dengan perkembangan digitalisasi, dunia investasi juga membutuhkan aplikasi yang andal yang dapat mendukung setiap derap transaksi dan kebutuhan transaksi Anda. BRI terus memutakhirkan platform mobile banking BRImo sebagai satu SuperApp yang dapat diandalkan dalam mendukung perjalanan investasi Anda.

Baca juga: Rencanakan masa pensiun dengan BRIFINE by DPLK BRI di BRImo

Dengan BRImo, nasabah BRI kini dapat memilih berbagai pilihan instrumen investasi yang mencakup produk investasi pasar modal, surat berharga negara (SBN), BritAma Rencana, Deposito, dan BRIFINE by DPLK BRI.

1. Rekening Dana Nasabah (RDN)

Menyelami pasar modal kini lebih mudah dengan RDN dari BRImo. RDN merupakan rekening efek yang digunakan untuk transaksi di pasar modal.

Fitur ini membuat Anda bisa membuka RDN secara online sehingga memudahkan dalam melakukan investasi di pasar saham, obligasi, dan reksadana. Untuk menggunakan layanan ini, nasabah perlu mengikuti langkah berikut:

1. Pilih fitur: Lainnya > Investasi: RDN, kemudian memilih “Buka Rekening Efek – RDN”
2. Menyetujui customer consent (pilih “setuju”)
3. Melakukan upload dokumen nasabah (foto kartu ID dan foto diri dengan memegang kartu ID)
4. Mengisi data identitas diri
5. Mengisi data alamat domisili (bila berbeda dengan alamat identitas)
6. Mengisi data pekerjaan
7. Memilih profil risiko investasi
8. Menyetujui permohonan pembukaan rekening efek – RDN (pilih “setuju”)
9. Tanda tangan pada layar device
10. Memasukkan PIN BRImo
11. Proses permohonan pembukaan rekening efek – RDN telah selesai. Selanjutnya, nasabah akan menerima notifikasi email atas hasil pembukaan rekeningnya setelah melalui verifikasi pihak BRI Danareksa Sekuritas.

Setelah pembukaan RDN disetujui, Sobat akan mendapatkan user-id, password, dan PIN melalui e-mail dan langsung dapat berinvestasi dengan mengakses fitur BRIGHTS pada menu investasi di BRImo.

2. Surat Berharga Negara (SBN)

Berinvestasi di SBN menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin memiliki instrumen investasi berupa surat utang negara. Anda kini dapat membelinya melalui BRImo.

Fitur Surat Berharga Negara (SBN) Ritel di BRImo adalah fitur baru pada aplikasi BRImo yang memudahkan nasabah dalam melakukan pembelian SBN Ritel dan melakukan pengecekan kepemilikan SBN dari pembelian melalui mitra distribusi Bank BRI sebelumnya.

Layanan Pembelian SBN Ritel adalah fitur pembelian SBN Ritel secara online yang terhubung langsung dengan sistem e-SBN Kementerian Keuangan. Untuk mengaksesnya, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

1. Nasabah telah memiliki user SBN Online sebelumnya dengan status SID dan SRE sudah terbentuk
2. Sebelum dapat melakukan transaksi SBN di BRImo, investor diminta untuk dapat melakukan proses registrasi investor di E-SBN Kementerian Keuangan dengan login ke web sbn.bri.co.id di menu manajemen investor > pendaftaran
3. Setelah proses pendaftaran investor di web SBN selesai, investor dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi BRImo sepanjang dalam masa penawaran dari pemerintah
4. Nasabah login ke aplikasi BRImo pilih menu investasi, pilih E-SBN, pilih beli SBN
5. Pilih produk SBN yang sedang aktif masa penawarannya
6. Masukkan nominal pembelian SBN
7. Pastikan investor telah melakukan konfirmasi syarat ketentuan pembelian produk SBN
8. Apabila nominal sudah sesuai lanjutkan ke pembayaran
9. Pembayaran pembelian SBN di BRImo mengikuti dua ketentuan di mana apabila pembelian SBN masih berada di bawah limit pembayaran kartunya maka pembayaran MPN untuk pembelian SBN langsung dapat diselesaikan di aplikasi BRImo, namun apabila pembelian SBN di atas limit kartu, maka pembayaran MPN untuk pembelian SBN dilakukan di unit kerja BRI terdekat.


Baca juga: BRI mudahkan transfer uang tanpa nomor rekening lewat BRImo

3. BritAma Rencana

BritAma Rencana dari BRImo bukan sekadar produk tabungan, melainkan mitra dalam merencanakan masa depan finansial Anda. Dengan fleksibilitas setoran dan perlindungan asuransi jiwa, produk ini menawarkan keamanan dan ketenangan hati dalam setiap setoran yang Anda lakukan hingga memperoleh suku bunga yang kompetitif.

Nilai setoran awal mulai dari Rp0 dan setoran tetap bulanan yang bisa disesuaikan dengan pembagian nilai akhir tabungan dan jangka waktu yang diinginkan. Adapun, nilai akhir tabungan dapat diatur minimal Rp500.000 hingga angka sesuai kebutuhan nasabah dengan jangka waktu antara 6 - 240 bulan.

Nasabah BRI juga dapat melakukan pengubahan jangka waktu dan total dana yang ingin ditabung. Nasabah tidak perlu lagi datang ke unit kerja karena semua akses bisa dilakukan melalui BRImo.

Adapun, menu yang ada pada BRImo adalah Pembukaan Rekening BritAma Rencana Flexy, Info Rekening BritAma Rencana Flexy, Ubah Rekening BritAma Rencana Flexy, Pencairan Sebagian BritAma Rencana Flexy, dan Penutupan Rekening BritAma Rencana Flexy.

4. BRIFINE by DPLK BRI

Dana Pensiun Lembaga Keuangan Bank Rakyat Indonesia (DPLK BRI) menyelenggarakan Program Pensiun dengan nama BRIFINE (BRI Future Investment) yang terdiri atas Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) bagi peserta Individu maupun Korporasi, serta Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP) bagi peserta Korporasi.

Pilihan investasi untuk DPLK beragam mulai dari DPLK BRI Pasar Uang, DPLK BRI Pendapatan Tetap, DPLK BRI Saham dan DPLK BRI Berimbang Syariah. Ragam manfaat pun bisa diperoleh nasabah yang mendaftar program ini, di antaranya:
1. Sebagai bagian dari perencanaan keuangan
2. Hasil Investasi bebas pajak
3. Return investasi yang optimal
4. Kemudahan dan fleksibilitas dalam pemilihan paket investasi
5. Akses portofolio investasi yang sangat mudah dan transparan

Untuk menikmati fasilitas ini, Anda dapat melakukannya melalui BRImo dengan tahapan sebagai berikut:
1. Klik fitur DPLK BRI
2. Pilih Buka BRIFINE
3. Menyetujui Keuntungan, Ketentuan, dan Biaya
4. Mengisi Data Peserta
- Data Iuran
- Data Pekerjaan
- Foto e-KTP
5. Masukkan PIN
6. Sukses

Selain itu, untuk cek saldo dan top up saldo BRIFINE atau penambahan setoran iuran dapat dilakukan setiap saat di BRImo.

5. Deposito

Membuka Deposito BRI melalui BRImo menjadi pilihan investasi yang dapat diambil. Proses pembukaan yang mudah dan pencairan dana yang cepat menjadikan Deposito BRI pilihan tepat untuk mengelola dana Anda.

Untuk membuka deposito menggunakan BRImo, tahapannya adalah sebagai berikut:
1. Login ke akun BRImo dan masuk ke menu layanan nasabah, pilih menu investasi, pilih deposito
2. Pilih buka rekening baru dan baca syarat dan ketentuan yang tampil di layar serta beri persetujuan dengan meng-klik kolom persetujuan
3. Lengkapi form pembukaan deposito yang muncul, seperti nominal pokok deposito, jangka waktu, pilih perpanjangan Non-ARO (deposito tidak diperpanjang otomatis), pilih rekening sumber yang menjadi sumber dana deposito, dan pilih kirim.
4. Masukkan PIN BRImo untuk verifikasi
5. Nasabah akan mendapatkan email notifikasi penempatan deposito melalui aplikasi BRImo
6. Pencairan deposito pada tanggal jatuh tempo akan dilakukan ke rekening sumber secara real time online.

Mulailah penjelajahan Anda ke dunia investasi yang kompetitif sedini mungkin, dengan mengunduh dan memanfaatkan SuperApps BRImo agar Anda dapat meraih kesempatan lebih besar dalam menggapai tujuan investasi Anda.

BRImo dengan keunggulan antarmuka pengguna yang praktis dan inovatif memberikan pengalaman pengguna terbaik untuk menikmati fitur-fitur seperti login face recognition, login fingerprint, top up Gopay, pembayaran QR, keleluasaan dengan pilihan sumber dana (source of fund) setiap transaksi dengan menggunakan rekening Giro atau Tabungan dan fitur-fitur menarik lainnya.

Yuk segera download BRImo di App Store, Play Store, atau Huawei AppGallery. Bersama BRImo, setiap detik investasi Anda berharga.

Baca juga: Nyaman Bersama Super App BRImo! Login Cepat Cukup dengan Identifikasi Wajah

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024