Manado (ANTARA) - Kakak kandung capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, yakni Biantiningsih Djiwandono Sigar dan Maryani Lemaistre Djojohadikusumo Sigar, terharu dengan antusiasme warga Langowan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, dalam menyapa Prabowo dengan sebutan "Presiden".

Kakak tertua Biantiningsih Djiwandono Sigar dalam keterangan yang diterima, Selasa, menyebutkan keluarga besar Sigar dan Maengkom, serta warga Minahasa hadir dalam acara Keluarga "Sodara Basodara Sigar Baku Dapa di Langowan", dan acara Keluarga "Sodara Basodara Maengkom Baku Dapa di Tondano" (14/1).

Dalam acara tersebut, kedua kakak kandung Calon Presiden Prabowo Subianto tampak ramah dan penuh sukacita dan haru menyapa seluruh keluarga Sigar Maengkom dan warga Sulawesi Utara (Sulut) yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Prabowo orang Langowan, orang Langowan, orang Langowan. Prabowo orang Langowan, depe mama orang Tounelet,” begitulah lantunan lagu dengan dialek Minahasa, yang dinyanyikan oleh Keluarga Sigar dan warga Langowan serta Keluarga Maengkom di Tondano.

Dalam acara tersebut, Kakak Tertua Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ibu Bianti Djiwandono memaparkan silsilah dari Keluarga Besar Sigar-Maengkom (Oma-Opa Prabowo).

“Kami adalah cucu dari Frederik Sigar. Kami sendiri berempat adalah anak dari Dora Sigar yang berasal dari Langowan. Anak pertama saya, Bianti Djiwandono bersama adik saya Maryani Djojohadikusumo hadir saat ini. Selanjutnya, anak ketiga Prabowo dan adiknya Hashim Djojohadikusumo Sigar,” kata Ibu Bianti yang wajah serta senyumnya terlihat persis seperti kembaran Menhan Prabowo.

Didampingi oleh Keluarga besar Sigar Maengkom yang berasal dari Langowan-Tondano serta sepupu-sepupu dari Menteri Pertahanan yang kini berkarir di Jakarta, kedatangan Ibu Biati dan Ibu Maryani juga turut didampingi puluhan anak muda yang tergabung dalam Tim Binaan Prabowo di Hambalang Jakarta yang turut berbondong-bondong untuk bertemu dengan Keluarga Besar Ibu Terkasih Prabowo Subianto untuk menyatukan suara dan dukungan bagi adik tercinta.
Tampak Kakak Prabowo Subianto, Ibu Biantiningsih Djiwandono Sigar dan Ibu Maryani Djojohadikusumo Sigar bersama keluarga Sigar-Maengkom dan Pemuda Sulut Binaan Prabowo di Hambalang bersama Keluarga Besar, Relawan, serta Warga di Langowan-Tondano Minahasa Sulut, Minggu. (Foto HO)


“Saya mohon kalian merangkul yang belum yakin agar dapat mendukung Pak Prabowo. Namanya memang Jawa karena papa kami, tapi setengah darahnya adalah orang Minahasa asli dari Ibu kami Dora Sigar asal Langowan. Kapan lagi ada Presiden berdarah asli Langowan Minahasa?,” kata Ibu Bianti, wanita berusia 75 tahun yang membakar semangat warga Langowan, sembari berterima kasih atas dukungan serta kebersamaan yang telah diberikan oleh sanak-saudara, keluarga serta warga masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir Keponakan Prabowo Subianto, Andrew J Jules Soebali
yang memperkenalkan keluarga besar Sigar Maengkom yang hadir bersama rombongan dari Jakarta.

Sementara itu, Simon Mantiri, mewakili anak muda Sulut binaan Prabowo Subianto di Hambalang juga turut hadir dan menyampaikan pesan khusus dari Calon Presiden Nomor Urut 2.

Ia menyebutkan bahwa Prabowo Subianto akan datang langsung ke Sulut, khususnya kampung halaman ibunya di Minahasa dalam waktu dekat.

Selain itu, ia pun menyampaikan pesan perdamaian yang digaungkan oleh Capres Nomor Urut 2 tersebut, agar dalam pelaksanaan pemilu, masyarakat tetap menjaga kerukunan dan perdamaian.

“Saya adalah salah satu dari 200-an anak muda dari Sulut yang dididik dan berjuang dengan Pak Prabowo Subianto di Lembang, dan di sini saya menyampaikan kepada seluruh masyarakat Minahasa bahwa beliau adalah orang Minahasa asli Langowan. Pesan Pak Prabowo, walaupun kita beda pilihan, selalu bawa narasi perdamaian dan persatuan, kita harus rukun karena torang samua basudara. Setelah pemilu ini, kita tetap harus hidup rukun dan damai untuk sama-sama membangun Indonesia yang maju dan sejahtera,” papar Mantiri.

Adapun kedua Kakak Prabowo, Ibu Bianti Djiwandono bersama Maryani Djojohadikusumo, selain menemui Keluarga Besar Sigar-Maengkom di Desa Sumarayar Langowan Timur, juga ziarah ke Kuburan Leluhur Fredik Sigar yang kakek Prabowo Subianto.

Selain itu juga ke beberapa tempat yakni di kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang digalakkan oleh Partai Gerindra Sulut serta turut menghampiri masyarakat dan keluarga besar di Kelurahan Tounkuramber Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa.

Turut serta dalam kegiatan Keluarga Besar Prabowo Subianto Menyapa Warga, yakni Ketua Relawan Sulut yang juga adalah Mantan Pangdam XIII/ Merdeka Wanti Waraney Franky Mamahit, Caleg DPR-RI Partai Gerindra, Rivel Faret Ngantung dan Marthin Tumbelaka, Anggota DPRD Sulut sekaligus Caleg Harold Kaawoan dan Caleg DPRD Minahasa Dapil 2 dan Kombi Priscillia Ciska Warouw dan Erlando Wangke. 

Pewarta: Hence Paat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024