.... Pada tahun-tahun mendatang, kami mendorong seluruh pemangku kepentingan di industri CCS memanfaatkan potensi kapasitas penyimpanan Indonesia yang besar, mengembangkan industri hilir untuk menghasilkan produk rendah karbon.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengundang semua pemangku kepentingan di industri penangkapan dan penyimpanan karbon (carbon capture storage/CCS) untuk memanfaatkan potensi penyimpanan karbon di Indonesia.

"Kami berdiri bersama untuk investasi berkelanjutan, dengan upaya yang bertujuan mengurangi emisi karbon sebagai pendorong investasi. Pada tahun-tahun mendatang, kami mendorong seluruh pemangku kepentingan di industri CCS memanfaatkan potensi kapasitas penyimpanan Indonesia yang besar, mengembangkan industri hilir untuk menghasilkan produk rendah karbon," kata Luhut dalam peluncuran International and Indonesia CCS Forum 2024 di Jakarta, Selasa.

Luhut juga mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama merancang strategi bersama yang akan membuka jalan bagi keberhasilan penerapan CCS hub di Indonesia.

"Upaya kolaboratif ini sangat penting dalam mencapai tujuan kita bersama untuk masa depan yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan," jelasnya.

Baca juga: Perpres CCS siap dirilis, atur penerapan teknologi hingga impor karbon

Luhut menyampaikan dukungan penuh kepada Indonesia CCS Center, dan mendorong organisasi tersebut merangkul dan memupuk kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk lembaga negara, badan usaha milik negara, perusahaan swasta, dan lembaga internasional.

Kemitraan ini berperan penting dalam melakukan studi, mengadvokasi peraturan yang diperlukan, dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan CCS di Indonesia.

Baca juga: BSN perkuat komitmen nol emisi karbon dengan terbitkan empat SNI CCS

Indonesia CCS Center kembali menggelar International and Indonesia CCS (IICCS) Forum 2024 di Jakarta pada 31 Juli-1 Agustus 2024. Pada tahun keduanya, IICCS Forum memiliki arti strategis bagi Indonesia, sekaligus menjadi wadah untuk menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi penyimpanan CO2 terbesar.

Menurut Luhut, forum ini merupakan bukti kuat komitmen pemerintah terhadap pengelolaan lingkungan dan praktik berkelanjutan.

"Partisipasi dan kehadiran Anda di forum 2024 tidak diragukan lagi akan berkontribusi terhadap keberhasilan inisiatif penting ini. Bersama-sama, mari kita membangun masa depan di mana Indonesia menjadi mercusuar inovasi dan kepemimpinan di bidang penangkapan dan penyimpanan karbon," kata Luhut.

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024