Rekam jejaknya menunjukkan sikap hormat pada aturan hukum dan konstitusi
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menilai Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri merupakan sosok yang konsisten menjaga demokrasi di Indonesia.

"Beliau (Megawati) adalah pribadi yang konsisten dalam menjaga demokrasi. Rekam jejaknya menunjukkan sikap hormat pada aturan hukum dan konstitusi," kata Anies di Yogyakarta, Selasa.

Anies mengatakan hal itu saat diminta tanggapan terkait Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Megawati Soekarnoputri.

Dia menambahkan ketika PDI Perjuangan memenangkan pemilihan presiden (pilpres) dan Megawati bertugas sebagai presiden, putri Presiden pertama RI Soekarno itu menjalankan pemilu dengan netral.

Baca juga: Megawati rayakan ultah Ke-77 bersama sahabat-menteri dari PDIP

"Bahkan, sebagai presiden, di dalam pemilu itu beliau bukan jadi pemenang," imbuhnya.

Selanjutnya, ketika PDI Perjuangan tidak menang di pilpres pun Megawati tetap setia dan menjadi oposisi. Oposisi itu, menurut Anies, dijalankan dengan tabah sampai kemudian PDI Perjuangan dan Megawati kembali ke pemerintahan lagi.

"Izinkan kami menyampaikan selamat ulang tahun untuk Ibu Megawati. Semoga Bu Mega selalu sehat, dipanjangkan umurnya, selalu dalam kebahagiaan, keberkahan, dan terus menjadi tiang kokoh tegar dalam menjaga konstitusi dan demokrasi kita," kata Anies.

Baca juga: Jokowi kirim karangan bunga di HUT Ke-77 Megawati

Megawati Soekarnoputri merayakan ulang tahunnya ke-77, Selasa, bersama dengan keluarga dan para sahabatnya, termasuk juga para menteri yang pernah tergabung dalam pemerintahan di era pemerintahannya dan pemerintahan saat ini.

Para menteri yang tergabung dalam Kabinet Gotong Royong pimpinan Presiden ke-5 RI Megawati itu terlihat hadir bersama sejumlah ketua DPP PDI Perjuangan dan ikut bersantap sambil bincang santai dengan Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Selasa.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memimpin lagu selamat ulang tahun dan pemotongan kue.

Usai pemotongan kue, Megawati berfoto dengan anak dan cucunya. Tidak lupa, Megawati mengajak mereka untuk berpose salam tiga jari, khas PDI Perjuangan.

Sejumlah menteri yang saat ini berada di pemerintahan Presiden Joko Widodo yang juga hadir antara lain Yasonna Laoly, Tri Rismaharini, Abdullah Azwar Anas, dan Hendrar Prihadi, di mana mereka pun berkesempatan untuk berfoto bersama Megawati.

Baca juga: Mahfud ucapkan selamat ulang tahun kepada Megawati Soekarnoputri
Baca juga: Megawati rayakan ulang tahun ke-77, Prabowo doakan sehat selalu

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024