remaja juga menjadi perpanjangan tangan BKKBN dalam menebarkan semangat generasi berencana
Makassar (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sulawesi Selatan (BKKBN Sulsel) melibatkan kalangan remaja yang tergabung dalam generasi berencana atau Genre sebagai promotor pencegahan stunting di hulu.

"Pelibatan kalangan remaja yang tergabung dari generasi berencana atau Genre binaan BKKBN ini penting untuk mengedukasi sesama remaja dalam mencegah stunting," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Shodiqin di Makassar, Selasa.

Menurut dia, kalangan remaja yang sudah tergabung dalam Forum Genre Sulsel berperan membantu BKKBN memberikan edukasi pada remaja terkait Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), pendewasaan usia perkawinan (PUP) maupun pencegahan stunting dari hulu dengan menghindari 4 terlalu.

Menurut dia, menghindari 4 terlalu itu yakni hamil terlalu muda, hamil terlalu tua, hamil terlalu sering dan hamil terlalu banyak.

Baca juga: BKKBN Sulsel kembangkan Program SMART Lansia untuk ketahanan keluarga
Baca juga: Pemprov Sulsel-UNICEF siapkan peluncuran RAD-PG atasi stunting


Sementara itu Ketua tim Pokja Pembinaan Ketahanan Remaja Irma Wahyuni Bachtiar mengatakan, forum genre merupakan wadah bagi remaja dalam mengaktualisasikan diri dengan berkreasi dan berinovasi.

"Remaja juga menjadi perpanjangan tangan BKKBN dalam menebarkan semangat generasi berencana kepada seluruh remaja di Sulsel," katanya.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Forum Genre Sulsel Aida Rahmadani Amir yang mengatakan, peranan remaja dalam BKKBN sangat penting sebagai mitra dalam upaya mencegah stunting.

Menurut dia, remaja penting memiliki pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, risiko pernikahan dini, dan kesiapan mental dalam berumah tangga. 

Baca juga: Bina Keluarga Balita di Sulsel capai 3.338 kelompok
Baca juga: UNICEF bantu kampanye cegah wasting dan stunting di Sulsel
Baca juga: BKKBN Sulsel tingkatkan SDM pendamping untuk atasi Stunting

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024