Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menjanjikan pembentukan dua Daerah Otonom Baru (DOB), yakni Bogor Barat dan Bogor Timur, bila terpilih memenangi Pilpres 2024.

Muhaimin atau Gus Imin, dalam keterangan di Jakarta, Selasa, mengungkapkan bahwa pemekaran daerah merupakan salah satu solusi untuk mewujudkan pemerataan pembangunan.

Menurut dia, masih banyak masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses setimpal dengan warga yang tinggal di perkotaan.

"Pemerataan dan kesetaraan merupakan salah satu wujud perubahan, Daerah Otonomi Baru adalah salah satu cara mewujudkannya. Dengan DOB, insyaallah terbangun pemerintahan yang otonom, dekat, dan terjangkau oleh rakyatnya," kata Muhaimin saat berorasi di hadapan ratusan warga dalam acara "Nitip Gus" di SBS Center Premier Venue, Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Baca juga: FormasNU nilai Gibran "offside" di debat keempat Pilpres

Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menjelaskan bahwa Kabupaten Bogor termasuk salah satu wilayah yang harus segera dimekarkan. Dia menilai masyarakat harus mendapatkan kemudahan yang sama dalam mengakses fasilitas pemerintahan.

"Saya mendukung DOB Bogor Barat dan Bogor Timur demi pemerataan dan kesetaraan. Bogor ini luas, rakyat banyak mengeluh susah akses fasilitas pemerintahan karena jarak yang jauh. Itu mengapa perlu DOB," tegasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan masyarakat Bogor ingin DOB tersebut segera terwujud. Oleh karena itu, dukungan dari masyarakat Bogor menjadi amanah untuk kepemimpinan nasional ke depan.

"Terima kasih doa dan dukungan Presidium DOB Bogor Barat dan Bogor Timur untuk saya dan Mas Anies. Insyaallah, kalau AMIN diberikan amanah dan kepercayaan, DOB Bogor Barat dan Bogor Timur akan terwujud," ujar Muhaimin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda mengatakan harapan warga untuk pemekaran DOB Bogor Barat dan Bogor Timur sudah diamanahkan kepada pasangan AMIN.

Baca juga: Makna tampilan "oppa style" Cak Imin saat debat keempat

Syaiful mengatakan aspirasi itu sejalan dengan misi AMIN dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi baru di berbagai wilayah di Tanah Air.

"Semoga cita-cita pemekaran daerah otonomi baru bisa secepatnya terlaksana," kata Syaiful Huda.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024. Baca juga: Muhaimin sering sebut "etika lingkungan" dalam debat cawapres

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024