Sebenarnya sekitar 180 ribu ton beras cukup untuk tahun ini. Namun, kami mengajukan permintaan stok sampai 200 ribu ton,
Medan (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara (Sumut) menargetkan mampu mendatangkan hingga 200 ribu ton cadangan beras pemerintah (CBP) sepanjang tahun 2024.

"Sebenarnya sekitar 180 ribu ton beras cukup untuk tahun ini. Namun, kami mengajukan permintaan stok sampai 200 ribu ton," ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu, di Medan, Selasa.

Arif melanjutkan, beras tersebut nantinya digunakan untuk kebutuhan seperti stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) serta bantuan sosial beras.

Bulog Sumut, katanya menambahkan, fokus melaksanakan penugasan pemerintah terutama untuk menekan harga beras dan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada tahun 2024, Arif menyampaikan, akan ada dua periode pemberian bantuan beras kepada masyarakat, yakni Januari-Maret dan April-Juni.

Meski data penerima belum terverifikasi sepenuhnya, dia memperkirakan ada lebih dari 906 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) yang berhak atas bantuan tersebut. Masing-masing dari mereka akan memperoleh beras bantuan 10 kilogram per bulan.

"Namun yang sedang berjalan saat ini masih tahap pertama yakni Januari-Maret 2024," kata Arif.

Pada tahun 2023, Perum Bulog Sumut menyalurkan tiga periode bantuan beras kepada KPM, yakni periode Maret, April dan Juni, lalu September-November serta Desember 2023.

Pada seluruh periode itu, Bulog Sumut menyalurkan lebih dari 63 ribu ton beras pemerintah.

Kemudian, untuk beras SPHP, sepanjang tahun 2023, Bulog Sumut mampu menjual sekitar 75 ribu ton beras dengan harga Rp11.500 per kilogram.

Jumlah itu kemudian ditambah dengan penyaluran beras ke penggilingan dan distributor melalui skema komersial yang jumlahnya 25 ribu ton pada tahun 2023.

Artinya, selama tahun 2023, Perum Bulog Sumut menggunakan 163 ribu ton berasnya untuk menunaikan tugas dari pemerintah, yakni bantuan sosial beras, penyaluran beras SPHP, dan penjualan ke penggilingan serta distributor. Sisanya disimpan di gudang Bulog Sumut dan digunakan untuk keperluan tahun 2024.

Hingga Senin (22/1), cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang Bulog Sumut ada 22.733 ton. Adapun tambahan CBP dari beras impor akan datang secara berkala sampai akhir tahun 2024.
Baca juga: Bulog Sumut siapkan 33 ribu ton beras buat bantuan Januari-Maret 2024
Baca juga: Bulog Sumut: Target penyaluran beras SPHP 73 ribu ton pada 2024


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024