Lima pesan itu, pertama ialah kendalikan harga, inflasi, dengan sinergi bersama pemerintah....
Makassar (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menitipkan lima pesan penting kepada Kepala BI Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) yang baru dilantik Rizki Ernadi Wimanda menggantikan Causa Iman Karana.

Lima pesan itu, pertama ialah kendalikan harga, inflasi, dengan sinergi bersama pemerintah. Kedua, bantu pemerintah daerah memacu ekonomi sesuai karakteristik daerah, kembangkan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dan pariwisata.

"Selanjutnya, sukseskan digitalisasi transaksi keuangan. Pastikan uang rupiah itu layak, termasuk wilayah yang paling terluar dan terjauh. Terakhir, bangun kelembagaan," ujar Perry Warjiyo, saat menghadiri pelantikan Kepala BI Perwakilan Sulsel, di Makassar, Selasa.

Pelantikan itu ditandai dengan penyerahan Petikan Keputusan Gubernur BI. Kegiatan ini menjadi rangkaian dari pelantikan dan sertijab (serah terima jabatan) yang telah dilakukan pada 15 Desember 2023 di Jakarta.

Perry Warjiyo juga menyampaikan pentingnya seorang pemimpin memiliki tiga hal, yakni kinerja, kompetensi, dan karakter kepemimpinan dalam mengemban amanah.

Pada kesempatan itu, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Muhammad Arsjad tidak lupa mengapresiasi BI Perwakilan Sulsel yang terus bersinergi dalam mendorong peningkatan perekonomian, khususnya dalam menjaga stabilitas ekonomi di Sulsel.

"Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Causa Iman Karana selama ini telah bergandengan tangan untuk bersama-sama memperbaiki kondisi ekonomi Sulsel," kata dia pula.

Tidak lupa, Arsjad menitipkan harapan kepada Rizki Ernadi Wimanda, yang saat ini telah dikukuhkan sebagai Kepala BI Perwakilan Sulsel. "Semoga ke depannya kita semakin memperkuat komitmen dan bersinergi membangun perekonomian di Sulsel," ujarnya.

Turut hadir Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara; Konsulat Jenderal Australia di Makassar Mr Todd Dias; Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari; Ketua Komisi C DPRD Sulsel Januar Jauri Dharwis; para Pimpinan Forkopimda Sulsel; Rektor Unhas; Kepala Perwakilan BI Sulsel sebelumnya Causa Iman Karana; para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov Sulsel; serta para pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, dan perbankan.
Baca juga: Ketua DPRD Sulsel meminta KPw BI kendalikan inflasi
Baca juga: Gubernur BI mengapresiasi Sulsel kendalikan inflasi

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024