Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan ringan berlaku di sebagian kota besar Indonesia pada Rabu.

Berdasarkan informasi BMKG diikuti daring di Jakarta, selain potensi hujan ringan juga terdapat potensi cuaca berawan hingga cerah berawan.

Dari Pulau Sumatera, Kota Banda Aceh umumnya akan berawan tebal, sedangkan Pekanbaru dan Padang diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai hujan intensitas sedang di Kota Medan dan Tanjungpinang.

Kota Bengkulu umumnya akan berawan, untuk Kota Jambi, Bandar Lampung, dan Pangkalpinang diprediksi akan terjadi hujan ringan. Waspadai potensi hujan sedang di Kota Palembang.

Bergeser ke Pulau Jawa, untuk Kota Jakarta umumnya diprediksi akan berawan. Kemudian untuk Kota Serang dan Yogyakarta diprediksi akan terjadi hujan ringan.

Hujan sedang diprakirakan di Kota Semarang, dan waspadai hujan dapat disertai kilat dan petir di Kota Bandung dan Surabaya.

Untuk Kota Denpasar dan Mataram secara umum akan berawan. Sementara Kota Kupang diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Kemudian untuk kota besar di Pulau Kalimantan secara umum sekarang diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Beralih ke Pulau Sulawesi, untuk Kota Gorontalo, Palu, dan Kendari secara umum cuaca akan cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan ringan di Kota Mamuju dan Manado, dan waspadai hujan sedang di Kota Makassar.

Terakhir dari timur Indonesia, Kota Ternate umumnya akan cerah berawan. Kemudian Manokwari dan Ambon terdapat potensi hujan ringan. Potensi hujan intensitas sedang diprakirakan di Kota Jayapura.

Baca juga: Hujan intensitas ringan guyur mayoritas kota besar Indonesia

Baca juga: 94 persen wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan

Baca juga: BMKG: Waspadai cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Indonesia

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024