Saya hadir di Komite Konvensi karena menghormati undangan yang sudah disampaikan kepada saya,"
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah menyatakan menolak mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat karena masih ingin berkonsentrasi di Jawa Tengah.

"Saya hadir di Komite Konvensi karena menghormati undangan yang sudah disampaikan kepada saya," kata Rustriningsih usai bertemu dengan Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, di Jakarta, Kamis.

Rustriningsih menjelaskan, undangan dari Komite Konvensi tersebut merupakan kehormatan bagi dirinya, sekaligus mengapresiasi langkah Partai Demokrat yang melakukan terobosan mencari figur calon presiden alternatif.

"Kalau saya hadir di Komite Konvensi karena menghormati undangan yang sudah disampaikan kepada saya, sekaligus sebagai silaturrahmi politik," katanya.

Kader PDI Perjuangan ini menilai, sebagian anggota Komite Konvensi adalah teman dan relasinya, sehingga undngan ini merupakan kesempatan untuk bersilaturrahi.

"Saya datang hanya sebatas menghormati undngan dan bersilaturrahmi. Tapi, saya tidak bersedia mengikuti konvensi, karena ingin berkonsentrasi di Jawa Tengah," katanya.

Rustri menegaskan, sebagai kader PDI Perjungan dirinya akan tetap loyal dengan PDI Perjuangan dan akan tetap berkonsentrasi di Jawa Tengah.

Ketika ditanya, apakah dirinya harus meminta izin dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, menurut Rustri, untuk kegiatan yang akan mempengarui elektabilitas partai maka harus meminta izin dulu kepada Ketua Umum PDI Perjuangan.

"Namun, kalau sekadar silatirrahmi politik tidak perlu minta izin, kecuali kalau saya menyatakan bersedia mengikuti konvensi maka perlu minta izin," katanya.

Rustri menjelaskan, setelah masa jabatannya sebagai wakil gubernur Jawa Tengah, berakhir, dia akan lebih banyak berkonsentrasi untuk keluarga, konstituen, dan masyarakat Jawa Tengah.(*)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013