PKB akan jadi partai papan tengah yang paling diperhitungkan, bahkan dengan masuknya Rusdi bisa menembus dua digit perolehan suara."
Jakarta (ANTARA News) - Aktivis keagamaan menilai, langkah Dirut PT Lion Air Group Rusdi Kirana menjadi pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuktikan kedewasaannya terjun ke dunia politik.

Penilaian itu disampaikan Direktur Eksekutif Maarif Institute, Fajar Riza Ul Haq yang dihubungi pers di Jakarta, Senin.

"Ini menandakan politik berbasis kewargaan kian menguat seiring pelembagaan demokrasi," ujarnya.

Sementara itu, pengamat politik Endang Tirtana menilai, keputusan Rusdi Kirana bergabung ke partai politik sudah terbaca sebelumnya.

"Sudah ada signal. Kan ketika tidak jadi ikut konvensi capres Partai Demokrat, dia sudah mengatakan akan menjadikan politik sebagai pilihan alat perjuangan," katanya.

Endang menilai, dengan bergabungnya Rusdi Kirana, PKB semakin diperhitungkan pada Pemilu 2014 nanti. "Karena dia dikenal sebagai pengusaha sukses yang cukup membanggakan Indonesia. Kematangannya tak usah diragukan," ujarnya.

Bahkan, menurut Direktur Eksekutif Institute for Transformation Studies (Intrans) Saiful Haq, elektabilitas PKB yang selama ini berada di papan tengah bisa memperoleh suara dua digit pada Pemilu Legislatif nanti.

"PKB akan jadi partai papan tengah yang paling diperhitungkan, bahkan dengan masuknya Rusdi bisa menembus dua digit perolehan suara," ujarnya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014