Jakarta (ANTARA) - Aktor pemeran Ken di film “Barbie”, yakni Ryan Gosling mengungkapkan kekecewaannya usai pengumuman daftar nominasi Academy Awards 2024 atau Piala Oscar karena Greta Gerwig tidak dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik dan Margot Robbie tidak dinominasikan sebagai Aktris Terbaik untuk film “Barbie”.

People, Selasa (23/1) waktu California, Amerika Serikat melaporkan perasaan Ryan Gosling campur aduk setelah daftar nominasi Academy Awards tahun ini diumumkan. Gosling mendapat nominasi sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk penampilannya di film “Barbie”.
 
Sayangnya, sutradara film “Barbie” Greta Gerwig dan aktris utama film “Barbie” Margot Robbie gagal masuk ke daftar nominasi Academy Awards tahun ini.
 
“Tidak ada Ken tanpa Barbie, dan tidak ada film ‘Barbie’ tanpa Greta Gerwig dan Margot Robbie, dua orang yang paling bertanggung jawab atas film yang membuat sejarah dan dirayakan secara global ini. Tidak ada pengakuan yang mungkin diperoleh siapa pun dalam film ini tanpa bakat mereka, ketabahan dan kejeniusan (mereka),” kata Gosling dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Ryan Gosling jadi Ken di film "Barbie"
 
Dia menjelaskan bahwa dirinya kecewa karena dua rekannya tidak dinominasikan dalam kategori masing-masing di ajang ini. Padahal, menurutnya Gerwig dan Robbie layak untuk masuk di dua kategori Academy Awards 2024.
 
“Melawan segala rintangan hanya dengan sepasang boneka yang tidak berjiwa, berpakaian minim, mereka membuat kami tertawa, mereka menghancurkan hati kami, mereka mendorong budaya dan mereka membuat sejarah. Karya mereka harus diakui bersama oleh yang lain dengan sangat layak, (yaitu) nominasi,” kata Gosling.
 
Meskipun tidak masuk sebagai Sutradara Terbaik, Gerwig dan suaminya (Noah Baumbach) masuk ke dalam nominasi Skenario Adaptasi Terbaik untuk film “Barbie”.
 
Tidak hanya itu, film “Barbie” juga masuk ke dalam nominasi Desain Kostum dan Desain Produksi. Film “Barbie” yang diproduseri oleh Robbie dan David Hyman ini juga dinominasikan untuk kategori Film Terbaik.
 
Selainnya, dua lagu OST “Barbie”, yakni “I’m Just Ken” oleh Mark Ronson dan “What Was I Made For?” oleh Billie Eilish berhasil masuk nominasi sebagai Lagu Asli Terbaik. Aktris America Ferrera juga berhasil masuk sebagai Aktris Pendukung Terbaik di ajang penghargaan ini.

Baca juga: Belajar menjadi diri sendiri dari film "Barbie"
 
Gosling mengucapkan selamat kepada Ferrera yang berhasil masuk nominasi di ajang bergengsi ini. Dia juga merasa bangga karena dapat memerankan boneka plastik bernama Ken di film “Barbie”.
 
"Saya merasa sangat tersanjung dinominasikan oleh rekan-rekan saya bersama artis-artis luar biasa dalam satu tahun, di mana terdapat begitu banyak film hebat. Dan saya tidak pernah berpikir saya akan mengatakan ini, tapi saya juga sangat tersanjung dan bangga karena memerankan seorang boneka plastik bernama Ken," kata Gosling.
 
Seperti Gosling, Ferrera juga sempat mengungkapkan kekecewaannya mengenai nominasi tersebut. Dia mengatakan bahwa, “Greta telah melakukan apa saja yang bisa dilakukan seorang sutradara agar pantas mendapatkannya,” kata Ferrera, dikutip dari media Variety.
 
Dia menambahkan, “Menciptakan dunia ini, dan mengambil sesuatu yang tidak memiliki nilai melekat pada kebanyakan orang dan menjadikannya fenomena global. Rasanya mengecewakan tidak melihatnya dalam daftar itu,” tutup Ferrera.

Baca juga: Greta Gerwig sutradarai "Barbie" yang dibintangi Margot Robbie

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024