Kami fokus untuk menggelontorkan aksi nyata
Jakarta (ANTARA) -
Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (TKN Fanta) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menggencarkan strategi kampanye "sambut login 02, anak muda sukanya karya" untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dan muda di Jakarta Utara (Jakut). 

Komandan TKN Fanta M Arief Rosyid Hasan di Jakarta, Rabu, mengatakan salah satu kegiatan kampanye yang dilakukan dalam strategi tersebut adalah mengadakan sanggar karya pembuatan aksesoris busana untuk remaja putri di Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (23/1).

“Beginilah gaya kampanye anak muda. Kami fokus untuk menggelontorkan aksi nyata, gagasan kreatif, dan bekal yang konkret untuk masyarakat," ujarnya. 

Arief menjelaskan maksud dari "Sambut Login 02" ialah menyambut pemuda Indonesia agar mau berkontribusi dalam Pemilu dengan memilih Prabowo-Gibran pada 14 Februari 2024.
Komandan Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (TKN Fanta) Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024 Arief Rosyid Hasan (kiri) di Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Dokumentasi Pribadi 


Strategi itu dilancarkan dengan mengadakan kegiatan kreatif yang bersentuhan langsung dengan pemilih pemula dan muda di masyarakat serta para calon anggota legislatif (caleg) muda yang muncul di masyarakat.

Baca juga: Kampanye hari ke-58, Ganjar absen dan Mahfud ke Yogyakarta

Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024, jumlah pemilih ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebanyak 204.807.222 orang.

Pemilih di bawah 17 tahun (karena sudah menikah) sebanyak 6.697 orang. Pemilih usia 17 hingga 30 tahun sebanyak 63.953.031 orang.

Dalam kegiatan di Jakarta Utara, TKN Fanta melibatkan caleg muda untuk DPRD Provinsi DKI Jakarta Aqila Rahmani dan Khadijah Al Makiyah untuk mendekatkan diri dengan para pemuda yang ada di kawasan Cilincing, Koja, Kelapa Gading.

Khadijah menyampaikan, sanggar karya pembuatan aksesoris untuk remaja perempuan dipilih sebagai kegiatan karena relatif sangat bisa dilakukan dari rumah.

"Jadi, kelak yang remaja menjadi ibu, yang ibu jadi ibu muda, dan seterusnya, menjadi bekal untuk bisa mendapat penghasilan juga," kata Khadijah.

Baca juga: Anies sebut ada hikmah dari pencabutan izin lokasi kampanyenya
 
Sedangkan Aqila menyampaikan, kegiatan itu dapat menjadi sarana rileksasi saat beraktivitas di Cilincing, Koja, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Selain itu, dia menilai kegiatan itu dapat mengasah keterampilan dan kreativitas bersama semua pemuda yang hadir untuk meningkatkan perekonomian.
Calon anggota legislatif (Caleg) Muda untuk DPRD Provinsi DKI Jakarta pada Pemilu 2024 Aqila Rahmani menunjukkan kalung yang dibuatnya di sanggar karya TKN Fanta Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Abdu Faisal
 
Adapun sanggar karya itu dipimpin oleh anggota tim TKN Fanta yang menggeluti bidang fesyen (Fanta Fesyen) R. Anissa serta sejumlah anggota TKN Fanta yang menggeluti isu-isu perempuan (Pink Fanta).

Anissa mengajarkan cara membuat aksesoris seperti kalung dari bahan-bahan sederhana kepada para 29 pemuda yang mengikuti sanggar karya di Cilincing, Jakarta Utara.

“Semoga dengan hadirnya sanggar ini, teman-teman perempuan bisa semakin berdaya serta bisa menularkan ilmunya kepada sesama perempuan nantinya," kata Anissa.

Baca juga: TPN: Komitmen Ganjar-Mahfud untuk kesejahteraan rakyat sangat jelas

Anissa menambahkan, sanggar karya itu juga terlaksana berkat bantuan dari tim muda di Fanta Fashion, yang tidak hanya desainer profesional, tetapi juga akademisi dan mahasiswa.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut satu (1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua (2) dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut tiga (3).

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024