Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar RI Abu Dhabi di Uni Emirat Arab (UAE) menjadi tuan rumah perayaan HUT ASEAN ke-46 yang diselenggarakan perwakilan negara-negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam di negara Teluk itu.

Hadir pada acara tersebut yang diselenggarakan Rabu malam (28/8) waktu setempat seluruh dubes negara-negara anggota ASEAN dan mitra wicara ASEAN, kalangan diplomatik, bisnis dan pejabat Kementerian Luar Negeri UAE, menurut siaran pers KBRI Abu Dhabi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam sambutannya Dubes RI untuk UAE, Salman Al Farisi yang pada periode ini menjabat sebagai Ketua ASEAN Committee in Abu Dhabi (ACAD) menggarisbawahi tema yang diangkat yaitu "Our People, Our Future Together".

Tema ini memberikan arti pada keikutsertaan komunitas masyarakat ASEAN untuk membangun kawasan dengan stabilitas politik, perekonomian yang terintegrasi dan memiliki tanggung jawab sosial.

Sebagai Ketua ACAD, Dubes Salman juga menekankan perlunya melihat tantangan pada tahun 2015 sebagai tahun penetapan integrasi ASEAN, dan perlunya menyiapkan generasi muda ASEAN sebagai pemimpin masa depan yang dibekali dengan berbagai program dan pelatihan serta nilai-nilai guna menghadapi tantangan di masa depan.

Perayaan HUT ASEAN ke-46 ditandai pula dengan pengibaran bendera ASEAN secara simbolis oleh tiga orang pengibar bendera dengan diiringi lagu ASEAN. Perayaan menjadi semarak karena para undangan disajikan berbagai kuliner khas dari tujuh negara ASEAN.

ASEAN Committee in Abu Dhabi (ACAD) dibentuk pada 8 Agustus 2011 dengan penandatanganan MOU oleh kepala perwakilan negara-negara ASEAN di Abu Dhabi dan bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ASEAN dengan UAE dan negara ataupun organisasi internasional di kawasan.

Hingga kini hanya ada tujuh negara anggota ASEAN di UAE sementara Kamboja, Laos dan Myanmar masih belum membuka perwakilannya.

Sejak dibentuk tahun 2011, Indonesia telah memegang dua kali tampuk kepemimpinan dan selama keketuaan Indonesia berbagai kegiatan telah diselenggarakan untuk mempromosikan ASEAN dan sekaligus mendorong peningkatan kerja sama negara-negara anggota ASEAN di kawasan di berbagai bidang.
(M016)


Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013