Tim gelombang pertama kami kerahkan lima personel untuk membantu mengevakuasi barang-barang milik penyintas yang tertimbun longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 001/011, Desa Sekarwangi
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi mengerahkan personel untuk memberikan bantuan kepada para penyintas bencana tanah longsor di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu.

"Tim gelombang pertama kami kerahkan lima personel untuk membantu mengevakuasi barang-barang milik penyintas yang tertimbun longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 001/011, Desa Sekarwangi," kata Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Hondo Suwito, di Sukabumi, Rabu.

Personel yang dikerahkan ke lokasi bencana hingga saat ini masih melakukan penyisiran untuk membantu penyintas mengevakuasi barang-barang berharga yang tertimbun longsor.

Pada kegiatan kemanusiaan tersebut pihaknya bergabung dengan petugas gabungan lainnya di bawah kendali Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Tanah longsor menyebabkan 12 rumah rusak di Cibadak, Sukabumi

Hondo yang turun langsung ke lokasi bencana juga mengimbau kepada relawan untuk selalu waspada dan berhati-hati saat melakukan evakuasi, karena hujan masih turun dan beberapa kali terjadi longsoran-longsoran kecil yang bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Personel PMI yang berada di lokasi juga dilengkapi peralatan pertolongan pertama, cangkul, dan sekop. Selain mengevakuasi barang milik penyintas, mereka juga bisa memberikan bantuan pertolongan pertama kepada siapapun, baik warga maupun personel gabungan yang terluka atau membutuhkan bantuan.

"Kondisi medan yang cukup berat ditambah hujan masih turun dan terjadi beberapa kali longsor susulan, kami imbau kepada relawan selain fokus untuk memberikan bantuan juga waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Baca juga: Longsor dan pergerakan tanah landa sejumlah wilayah di Sukabumi

Selain personel, pihaknya juga mengerahkan ambulans yang bisa digunakan kapan saja, seperti mengevakuasi korban ke rumah sakit atau klinik terdekat atau warga yang membutuhkan pertolongan medis.

Selain itu personel yang dikerahkan untuk bergabung dalam operasi tanah longsor ini akan ditambah. Sejumlah personel pun sudah disiagakan di Markas PMI Kabupaten Sukabumi yang sewaktu-waktu bisa dimobilisasi.

Pada operasi penanggulangan bencana tanah longsor ini puluhan personel gabungan dikerahkan mulai dari unsur TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBD Kabupaten Sukabumi, PMI Kabupaten Sukabumi dan sejumlah relawan dari berbagai komunitas.

Baca juga: BPBD: Longsor terjang sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024