Kami anggarkan Rp10 miliar dalam APBD 2024 untuk rehabilitasi jalan ruas Ombilin-Batusangkar.
Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengalokasikan Rp10 miliar untuk memperbaiki jalan di Kabupaten Tanah Datar sebagai upaya mendukung sektor pariwisata dan pertanian di daerah ini.

"Kami anggarkan Rp10 miliar dalam APBD 2024 untuk rehabilitasi jalan ruas Ombilin-Batusangkar. Jalan ini sangat penting untuk mendukung pariwisata dan distribusi hasil pertanian. Jalan ini juga bisa menjadi jalur alternatif saat masa libur tiba," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Rabu.

Ia mengatakan ruas jalan tersebut berstatus jalan provinsi, karena itu rehabilitasi atau perbaikan menggunakan APBD Pemprov Sumbar 2024.

"Kita berharap rehabilitasi ruas jalan ini bisa memperlancar arus lalu lintas barang dan mampu memberikan efek terhadap pariwisata Tanah Datar," katanya pula.

Gubernur Mahyeldi menyebut pembangunan daerah membutuhkan sinergi antara provinsi dan kabupaten/kota. Ia menilai selama ini sinergi antara Pemprov Sumbar dan Tanah Datar terjaga dengan baik terutama dalam mendukung Program Unggulan (Progul) Sumbar di sektor pertanian dan pariwisata.

"Sinergi ini dapat berjalan baik, karena program-program Pemkab Tanah Datar berkaitan erat dengan target kinerja Pemprov Sumbar yang tercantum dalam RPJMD Sumbar 2021-2026," katanya lagi.

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan terima kasih dukungan provinsi terhadap pembangunan Kabupaten Tanah Datar.

Menurutnya, kondisi jalan provinsi di daerah itu sebagian memang dalam kondisi rusak. Akibatnya arus barang terutama produksi pertanian terganggu, termasuk juga menjadi keluhan bagi wisatawan.

"Ini adalah kebutuhan masyarakat kita di Tanah Datar. Terima kasih untuk dukungan Pemprov Sumbar," kata dia.

Ia mengharapkan sinergi tersebut bisa terus berlanjut karena akan berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
Baca juga: Jalan rusak berat di Tanah Datar meningkat, capai 277,03 km
Baca juga: Pemkab Tanah Datar siapkan jalur alternatif untuk pemudik Lebaran 2023

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024